Konfrensi Transfer Fiskal, Bupati Sintang Sebut Pemkab Kekurangan Anggaran Jaga Kelestarian Hutan

KBRN, Jakarta : Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan saat ini pemerintah  daerah di seluruh Indonesia kekurangan dana anggaran dalam menjaga  hutan termasuk di Kabupaten Sintang, bahkan kekurangan anggaran itu juga dalam segala bidang, bukan hanya dalam menjaga hutan saja .

Hal tersebut dikatakan Jarot Winarno saat menjadi pembicara Konferensi Transfer Fiskal Ekologis di Auditarium Lt. 2 Perpusatakaan Nasional RI Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Selain masalah tersebut problem utama juga dalam mengelola hutan adalah konsep atau cara berpikir, sehingga diperlukan pembangunan yang berkelanjutan atau  sustainable development.

“Buat kita yang namanya sustainable itu kalau kita bisa menyeimbangkan antara konservasi, pertumbuhan ekonomi dan pengakuan terhadap adat istiadat serta pembangunan sosial budaya, jadi hutan yang kita miliki bukan menjadi beban, tetapi hutan itu kekayaan yang harus kita kelola,” Kata  Jarot.

Kabupaten Sintang saat ini  kata Jarot tergabung dalam suatu plat form yang di sebut dengan Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) yang di dalamnya ada sekitar 10 Kabupaten di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan penyampaikan hasil penelitian dan rekomendasi pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU) di masa mendatang yang lebih adil berdasarkan kinerja menjaga hutan.

Tujuanya mempertimbangkan kebutuhan dan kemampuan fiskal pemerintah daerah kaya hutan, oleh World Resources Institute (WRI) Indonesia yang merupakan suatu lembaga penelitian independen untuk isu-isu pembangunan berkelanjutan.

Didalamnya juga memuat pendanaan publik di daerah guna perlindungan dan pemulihan sumber daya alam dan ekosistem, yang bekerjasama dengan AIPI melalui Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) yang beranggotakan para ilmuwan muda terbaik Indonesia.

Kegiatan ini dibuka langsung  Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati sekaligus menjadi pembicara kunci bersama Gubernur Papua Barat.// (Fik)

Komentar

Detiksaga News