Bupati Sintang Motivasi Masyarakat Perbanyak Konsumsi Ikan

www.detiksaga.com, Sintang: Rendahnya masyarakat Sintang dalam mengkonsumsi ikan disinyalir menjadi penyumbang  angka stunting cukup tinggi, padahal Ikan merupakan sumber protein yang cukup tinggi dan memiliki beberapa kandungan gizi serta omega 3.

Seusai meninjau lomba cipta menu berbahan ikan Bupati Sintang dr Jarot Winarno di gedung pancasila Sintang, Selasa (22/07/2019) mengatakan gemar memakan ikan telah di canangkan pemerintah kabupaten Sintang namun sampai saat ini masyarakat masih minim mengkonsumsi ikan.

“ Saya pikir memang dua masalah yakni variasi pengolahan dan produksinya yang minim, padahal kita memiliki Ikan termahal yakni Ikan semah yang di jual ke luar negeri, jadi kita tidak mengkonsumsinya, resto- resto  kita bisa jadi kurang kreatif, sebab bila di bandingkan dengan resto kaum Ikan asam pedas khas Sintang cukup laku di sana,” Katanya.

Bupati juga mengatakan berbagai upaya telah dilakukan dengan menghadirkan chep handal dari restoran Kaum, selain itu juga peningkatan pembangunan keramba di pesisir sungai kapuas namun hasilnya belum memuaskan.

“ Kita malu dengan Kapuas hulu, sejumlah keramba di Sintang belum maksimal menghasilkan ikan saat ini kita minta desa desa membangun Embung salh satunya untuk meningkatkan sektor perikanan.

Sintang sendiri masih berada pada  peringkat ke 14 dari 14 kabupaten kota di Kalbar dengan angka konsumsi ikan 26,9 kilo per orang pertahun. Sementara  angka di Kalbar saja 38 kilo dan secara nasional itu sudah 40 kilo

Oleh karena itu, Jarot juga meminta dinas terkait yaitu Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) lebih menggalakkan lagi kampanye konsumsi ikan sehingga angka konsumsi ikan di Sintang bisa meningkat.(Fik)

Komentar

Detiksaga News