Atasi Karhutla, Besok Polres Sintang Gelar Apel Bina Karuna

www.detiksaga.com, Sintang: Kapolres Sintang AKBP Adhe Haryadhi menyatakan jumlah hot spot di Sintang mengalami penurunan pasca hujan yang terjadi dalam dua hari terakhir, kendati demikian beberapa kebakaran lahan yang ada perlu di waspadai karena ketika terbakar sangat sulit dipadamkan.

Kapolres mengatakan pihaknya juga rabu (24/07/2019) ini akan melaksanakan apel Oprasi Kepolisian Bina Karuna yang melibatkan sejumlah instansi teknis seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI. Manggala Agni.

”Dalam Operasi Bina Karuna ini akan lebih mengedepankan tindakan pencegahan melalui penyuluhan pada masyarakat, seperti tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar dan selalu melakukan koordinasi dengan aparatur desa untuk pencegahan kebakaran,” Imbuhnya, Selasa (23/07/2019).

Kapolda Kalbar, menurut Kapolres telah mengintruksikan untuk pembentukan posko Gabungan Karhutla bersama dengan instansi lainya seperti manggala Agni dan TNI dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di daerah rawan kebakaran.

“ Dari beberapa kasus kebakaran lahan dapat di pastikan pemicunya karena disengaja maka kami ingatkan kembali bagi masyarakat maupun korporasi agar tidak melakukan pembakaran lahan pada saat ini, sebab sanksinya cukup berat,” Tambahnya.

Sanksi Pembar lahan akan di jerat Undang Undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan, Undang Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH), Undang undang No. 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan dengan ancaman kurungan hingga 10 tahun dan denda hingga 10 milyar rupiah.  (Fik)

Komentar

Detiksaga News