DAD Sungai Tebelian Raih Juara Umum Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2019

Sintang: Dewan Adat Dayak Kecamatan Sungai Tebelian mendominasi sebagai pemenang berbagai jenis perlombaan pada Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII Tahun 2019 yang berlangsung 9-13 Juli 2019.

Dengan hasil ini Tim DAD Kecamatan Sungai Tebelian ditetapkan sebagai juara umum pada PGD Tahun 2019.

Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan PGD dapat dijadikan  agenda rutin daerah,  untuk itu perlu Raperda ( Rancangan Peraturan Daerah) tentang penetapan Pekan Gawai Dayak sebagai agenda rutin daerah sama dengan hari jadi Kota Sintang

Dihadapan ribuan masyarakat saat Penutupan PGD Askiman juga menyampaikan bahwa belum selesainya pembangunan Betang Tampun Juah karena terbatasnya anggaran.

“Tahun ini akan kita lanjutkan pembangunan dan penataan Betang dan halamannya. Masih banyak yang akan kita bangun di sekitar Betang Tampun Juah yang masih memerlukan dukungan. Tahun depan, Betang Tampun Juah harus bisa kita resmikan saat pelaksanaan Pekan Gawai Dayak ” harap Askiman, Minggu (14/07/2019).

Wakil Bupati Sintang juga menyerahkan piagam penghargaan kepada masyarakat Desa Sekubang sebagai Gawai Dayak Terbaik, masyarakat Desa Empunak Kecamatan Ketungau Hulu sebagai Gawai Dayak Mandiri, masyarakat  Desa Cipta Karya Kecamatan Ketungau Hulu sebagai Gawai Dayak dengan jumlah tuak terbanyak.

Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII Tahun 2019  Yustinus mengatakan seluruh kegiatan dan lomba pada Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang ke VIII Tahun 2019 dapat berjalan lancar dan aman.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak atas pelaksanaan Gawai Dayak ini. Kita harus cerdas dan berpikir positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Selama lima hari pelaksanaan PGD ke VIII Tahun 2019, saya mohon maaf kepada siapa pun jika ada hal yang kurang berkenan,” katanya.

Tahun ini semua DAD Kecamatan dapat berpartisipasi dengan baik. PGD bukan hanya kegiatan seremonial saja tetapi ada unsur pendidikan kepada generasi muda untuk mencintai seni dan budayanya.

“Terima kasih kepada etnis lain yang sudah ikut berpartisipasi dalam display budaya yang dilaksanakan pada PGD Tahun 2019 ini,” Kata Yustinus.

Hadir pada malam puncak Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2019 tersebut Danrem 121 ABW Brigen TNI Bambang Trisnohadi, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki dan tamu undangan lainnya.

Para tamu undangan juga dihibur oleh para pemenang lomba lagu Dayak dewasa dan anak-anak, lomba tari Dayak Kreasi, pemilihan Bujang dan Dara Gawai Dayak, fashion show anak anak, lomba safe dan artis lagu Dayak lainya. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News