BKPSDM Sintang Usulkan Roling Seluruh Kepala OPD

www.detiksaga.com – Sintang: Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kabupaten Sintang  Palentinus menyatakan pihaknya telah mengusulkan kepada bupati untuk melakukan roling jabatan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Sintang.

“ Hasil Assesmen pejabat eselon II dilingkungan Pemkab Sintang telah di serahkan kepada beliau (bupati Sintang) yang  selanjutnya telah menjadi kewenangan bupati untuk melakukan pengisisan sejumlah OPD yang kosong,” ungkap Palentinus seusai menghadiri acara pisah sambut kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang dari GA Anderson kepada pelaksana tugas (Plt) Marcus Afen di Aula Kominfo Sintang, rabu (10/07/2019).

Menurut Palentinus  nama- nama pengisi jabatan sudah ada, untuk jabatan sekretaris dewan (Sekwan) dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil masih harus melalui persetujuan dan pertimbangan khusus.

“ Hingga agustus 2019 akan ada empat jabatan kepala dinas kosong karena pensiun, diantaranya diskominfo, dinas sosial, bapemda dan Sekretaris DPRD kabupaten Sintang, sementara ada 3 OPD baru yaitu Kesbangpol,BPBD dan Badan Perbatasan,” ungkap Palentinus.

Pelentinus mengatakan diperkirakan roling jabatan akan dilakukan agustus akhir dan bukan hanya ditataran esselon II namun juga akan di lakukan hingga ke esselon III dan IV.

Sebelumnya, Bupati Sintang Jarot Winarno menegaskan pihaknya hanya menginginkan satu kali perombakan kepala OPD untuk menyeimbangkan dan penguatan tim OPD Kabupaten Sintang.

“ Saya juga tidak perlu buru- buru jabatan saya kan berakhir 17 februari 2021, jadi ibarat tim sepak bola harus menyeimbangkan dan penguatan tim OPD, jadi bek kiri kanannya harus seimbang, saya hanya sekali perombakan sampai selesai,” Katanya.

Saat ini, kata Jarot sudah dilakukan assesment dan uji kompentensi, nilai seluruh kepala OPD telah ada, Pertama pemkab Sintang akan merotasi dahulu untuk menyusun tim yang kuat, sisanya beberapa OPD yang kosong baru akan diisi melalui mekanisme yang  benar.

“ Cepat harus, tapi jangan juga jangan terburu- buru saya kan hanya perlu satu kali perombakan saja, kalau soal bulan perkiraan juli hingga akhir agustus” Katanya.

Saat ini menurut Jarot setiap OPD telah berjalan baik, bila ada kepala OPD yang tidak menjalankan fungsinya dipersilahkan untuk melaporkanya, bahkan beberapa jabatan Plt saat ini  berjalan efektif.

“ Saat ini ada beberapa yang kosong justru menunjukan kinerja yang baik saat di Plt-kan,” tandasnya. (fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News