TMMD Ke 105 di Sintang Akan Membuka Jalan Akses Air Bersih di Tempunak

www.detiksaga.com – Sintang: Komandan Kodim 1205 Sintang Letkol Inf Rachmat Basuki mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 akan di pusatkan di kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang.

Saat dihubungi via selulernya Senin, (01/07/2019), Dandim menyatakan pembukaan akan di pusatkan di desa Marti Jaya, Kecamatan Tempunak yang akan di hadiri Bupati Sintang 10 juli 2019.

TMMD ini nantinya akan membangun Riam Batu Hulu Tempunak sampai ke Bukit Saran menembus jalan yang sudah dibuat sumber air untuk Kabupaten Sintang.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini  telah mengalokasikan anggaran untuk program dan material sebesar Rp1.2 miliar sedangkan anggaran untuk personil dianggarkan oleh pihak TNI.

Dandim menjelaskan kondisi jalan sebetulnya sudah terbuka namun karena jarang digunakan akses jalan tertutup, oleh karena itu program TNI Manunggal Membangun Desa ini akan meningkatkan dan membuka jalan untuk akses air bersih.

Untuk Pelaksanaan program ini nantinya kata Dandim karena sifatnya TNI Manunggal Membangun Desaakan serentak seluruh Indonesia selama kurang lebih satu bulan dan akan ada intruksi lanjutan dari Mabes TNI sedangkan untuk Personil dari TNI sesuai satuan gagasan operasi berjumlah 150 orang.

Sebelumnya, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 1205/Stg Kapten Inf W Gurning meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019 di desa Marti Jaya, Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang. Minggu (30/06/2019)

Dalam peninjauan tersebut  Pasiter Mewakili Dandim 1205/Stg didampingi Danramil 1205-11/Tempunak Kapten Inf Slamet beserta empat orang anggota dan Team Monitoring Jalan dari Dinas PU serta Kepala Desa Marti Jaya.

“TMMD merupakan program dari TNI dalam rangka meningkatkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang untuk mencapai kemanunggalan TNI dan Rakyat, dalam rangka membantu program Pemerintah dalam percepatan Pembangunan, serta menciptakan kesejahtraan masyarakat dalam pembangunan fisik maupun non fisik,” Ungkapnya Pasiter  Pasiter Kodim 1205/Sintang mengatakan, kegiatan peninjauan ini untuk memastikan lokasi. TMMD 2019 yang akan dilaksanakan pada minggu ke dua bulan Juli nantinya, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara instansi di daerah sehingga pelaksanaanya dapat tercapai sesuai rencana pembangunan pemerintah.

Peninjauan ini, kata Pasiter untuk melakukan pengecekan lokasi pengerjaan yang nantinya menjadi sasaran fisik pada pelaksanaan kegiatan, juga meninjau sejumlah lokasi yang nantinya menjadi lokasi tambahan. Selain itu juga tujuan peninjauan lokasi TMMD untuk mengecek langsung lokasi yang rencananya akan dijadikan Kotis dan tempat tinggal anggota.

Jarak sasaran TMMD dari Makodim 1205/Stg menuju Desa Marti Jaya kurang lebih sekitar 80 Kilo meter.// ( Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News