Agustus Rumdin Bupati Sintang Selesai Hingga Atap

www.detiksaga.com, Sintang:

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kabupaten Sintang Ir Zulkarnain, M.T optimis pembangunan kembali rumah dinas (Rumdin) Jabatan Bupati Sintang selesai sesuai target yang ditetapkan.

Menurutnya kendati terjadi kendala yang cukup berat terkait pengadaan material kayu Ulin dengan ukuran sesuai aslinya namun sejauh ini progres pembangunanya sudah sesuai jadwal.

“ Inikan kita harus mengembalikan Rumah Jabatan ini kembali sesuai aslinya, apalagi adanya pakem- pakem yang mengikat sesuai cagar budaya,  jenis kayu, ukuran dan adanya anjuran untuk menggunakan kayu- kayu yang masih dapat digunakan,” Katanya saat di hubungi via selulurnya (27/06/2019).

Menurut Zulkarnain, ini anjuran   agar sebanyak- banyaknya dapat menggunakan bahan dari yang masih dapat di gunakan dari sisa yang terbakar.

“ Terakhir ini kita ada sedikit kesulitan mendapatkan material tiang jenang karena ukuranya cukup besar, mudah- mudahan dalam pengirimanya cuaca cukup baik karena daerahnya memang sulit,” Tambahnya.

Target 17 agustus harus dapat di gunakan untuk acara kenegaraan diharapkan dapat selesai, kendati mungkin baru sampai lantai dan atapnya saja.

Seluruh pengerjaan  pembangunan Rumah Dinas Bupati Sintang dianggarkan sekitar Rp4,9 miliar telah berjalan, dan ditargetkan rampung akhir tahun 2019.

Dana senilai Rp 4.9 miliar ini baru jadi bangunan induk, belum termasuk teras depan dan lain-lainnya. Namun dirinya berharap dengan jadinya gedung induk yang persis seperti bangunan yang lama, maka pendopo sudah bisa difungsikan.

Bangunan tambahan lainnya yang nanti akan dikerjakan yaitu pembangunan teras depan, kemudian penambahan samping kiri dan kanan. Termasuk pengelolaan taman serta kamar pribadi  di samping yang ikut terbakar.

Dahulunya Pendopo Bupati Sintang ini merupakan kediaman Asisten Residen Belanda yang memerintah di Pontianak dan Sintang.Sehingga mempunyai nilai budaya dan sejarah yang sangat penting.

Oleh karena itu, Rumah jabatan Bupati Sintang dimasukkan sebagai situs cagar budaya.Inilah yang menjadi dasar bahwa pembangunan kembali Pendopo Bupati Sintang harus mengikuti bentuk asli bangunan saat pertama kali dibangun. (Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News