Pemkab Melawi Diminta Tinjau Perusahaan Tak Miliki IPAL

www.detiksaga.com, Melawi : Ketua Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Kabupaten Melawi, Arion O Manalu mengatakan perusahaan yang bergerak di bidang industri, klinik kesehatan dan perhotelan di Melawi yang tidak memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah diusulkannya untuk ditutup.

“Perusahaan-perusahaan yang dinilai membandel dan melanggar ketentuan hukum itu, tidak boleh dibiarkan begitu saja dan harus diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku,” terangnya, kamis (27/06/2019).

Instansi terkait atau Lingkungan Hidup (LH) dan aparat penegak hukum, menurut dia, harus bersikap tegas terhadap perusahaan yang benar-benar terbukti melanggar Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“Bagi perusahaan-perusahaan yang melanggar hukum itu tetap dilakukan proses dan berkas perkaranya diajukan saja ke pengadilan,” katanya

Manalu sapaan akrabnya juga mengatakan, bila kasus pencemaran lingkungan itu, tidak diberikan sanksi hukum yang tegas, maka para pelangar-pelanggar hukum lainnya akan terus bertambah banyak.

Bahkan, jelasnya, fenomena pelanggaran hukum terhadap lingkungan hidup ini, tidak akan pernah selesai, hal ini juga akan menjadi “beban” dan tanggung jawab para aparat hukum.

Oleh karena itu, setiap perusahaan dan pemiliknya harus diganjar hukuman,sehingga mereka dapat mematuhi ketentuan hukum yang digariskan oleh pemerintah.

Ia meminta kepada pemerintah Kabupaten Melawi untuk mengevaluasi dan meninjau langsung sejumlah perusahaan yang diduga masih banyak belum memiliki IPAL, baik itu seperti klinik, rumah sakit,  perhotelan dan lainnya. Hal ini sangat penting dalam rangka memastikan terjaganya  lingkungan hidup di masyarakat dari ancaman limbah yang dihasilkan dari kegiatan usaha.

“Tidak perlu perusahaan yang melanggar hukum itu, dibiarkan begitu saja, dan banyak kasus perkaranya tidak sampai ke ’meja hijau” pengadilan.Ini perlu menjadi perhatan serius bagi penegak hukum,” ucap dia. ( Dea/Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News