Gawai Dayak Sepan Lebang, Warga Adakan Ritual Semengat Padi

www.detiksaga.com – Sintang: Sudah menjadi tradisi turun menurun warga desa Sepan Lebang kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang  selalu mengadakan ritual  sebelum dilaksanakannya gawai Dayak.

Kepala desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat  Jelitu frans mengatakan ritual dalam  gawai Dayak ini diawali dengan rangkaian doa untuk benih padi yaitu ritual Doa semangat padi.

“ Ini kita lakukan tiga hari sebelum dilaksanakanya gawai, doa semangat padi ini untuk berdoa agar panen tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya, Doa ini juga wujud syukur karena telah di berikan hasil panen yang melimpah,” Ujar Jelitu Frans, Rabu (26/06/2019).

Bukan semata mata hanya hiburan bagi masyarakat namun  dapat diartikan  sebagai tradisi syukuran masyarakat terhadap panen padi yang telah didapatkan masyarakat pada setiap tahunnya.

Selain itu Gawai Dayak juga memiliki makna mempererat nilai-nilai  persatuan dan kesatuan antar suku dan agama yang ada di wilayah dimana dilaksanakanya gawai dayak dan upaya  memupuk nilai persaudaraan dan pelestarian budaya.

“Gawai dayak di desa Sepan lebang ini memang tidak hanya  diikuti oleh warga dayak saja tapi juga warga Transmigrasi dari Jawa yang turut memeriahkan kegiatan ini, mereka berperan serta membantu suksesnya pelaksanaan gawai dayak di desanya,” Ungkap Jelitu Frans.

Puncak pelaksanaan gawai dayak di desa Sepan lebang dilaksanakan di pusat Desa sabtu,29 juni 2019 yang direncanakan dihadiri oleh wakil Bupati Sintang Askiman. Beserta sejumlah pejabat dari kabupaten Sintang.

Setiap tahunya Gawai dayak di desa Sepan lebang ini dilaksanakan sangat kompak tidak ada perbedaan suku dan agama yang ada adalah nilai persatuan dan semangat gotong royong antara penduduk desa kondisi seperti ini harus terus dilestarikan karena merupakan nilai luhur bangsa Indonesia. (fik)

Komentar

Detiksaga News