Bupati Sintang Laksanakan Halal Bihalal Bersama ASN Sintang

www.detiksaga.com, Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno meminta setiap  Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sintang harus kembali mengingat tugas mulia dengan menyelenggarakan pelayanan publik yang profesional, amanah, adil, dan bertanggungjawab, karena itu merupakan ladang amal ASN yang patut untuk di syukuri.

Hal tersebut dikatakan Jarot Winarno dalam apel bulanan dan Halal Bihalal dalam rangka Idul Fitri 1440 Hijriah / 2019 Masehi di halaman Kantor Bupati Sintang Jalan Pengeran Muda, Keluarahan Tanjung Puri,Kecamatan Sintang, Senin (17/6/19) pagi.

“Bekal nilai puasa, ASN diajarkan untuk menahan dan mengendalian diri, sehingga tidak tergoda melakukan dosa profesi, seperti penyalahgunaan wewenang, KKN, sikap arogan dan lain sebagainya,” pesan Bupati Sintang.

Menurut Jarot perayaan idul fitri juga memberikan energi sosial baru bagi seluruh ASN. Warisan ibadah puasa mampu melakukan de-individualisasi untuk menggantinya dengan re-alturisasi atau maksimalisasi pengabdian sosial kepada diri setiap ASN harus diresapi kembali bahwa titik akhir dari cakrawala puasa ramadhan adalah la’allakum tattaqun, derajat dan kualitas taqwa.

Seusai  Apel bulanan Bupati Sintang, Jarot Winarno menggelar open house untuk semua ASN dan warga masyarakat Kabupaten Sintang di Pendopo rumah dinas jabatan Bupati Sintang.

Jarot mengatakan Ia dan keluarga  merayakan Idul Fitri  di Negeri Sembilan, Malaysia. Karena di Sintang kondisi bangunan rumah dinas tidak memungkinkan, pasca kebakaran beberapa waktu lalu. Rumah yang disewa di Transito juga tidak mungkinkan karena kecil, kalau ke Rumah Kopi rasanya tidak nyaman mengundang lebaran ke kebun.

Menurutnya, tak ada perbedaan dari perayaan Idul Fitri di Negeri Sembilan dengan perayaan di Kabupaten Sintang. Silaturahmi dengan keluarga dan tetangga terasa kental saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Untuk hidangannya, lanjut Jarot,  tak berbeda jauh. Perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah di Negeri Sembilan selalu menyediakan lemang dan ketupat serta kue-kue hidangan lainnya.

Tujuan Open House ini kata Jarot mengajak seluruh ASN di Kabupaten Sintang untuk merangkai energi spiritual dengan energi sosial dari perayaan Idul Fitri ini.

“ Menjadikan dua energi ini sebagai modal utama mengapai kinerja ASN yang maksimal untuk merealisasikan visi: mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera di dukung penerapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” katanya.

Jarot mengingatkan bahwa baru saja rakyat Indonesia melalui proses pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta pemilu legislative tahun 2019. Dalam proses tersebut yang patut disyukuri bahwa pesta demokrasi yang besar dan strategis itu dapat lalui dengan aman, lancar dan terkendali secara khusus di Kabupaten Sintang, terlebih saat ini masih berlangsung proses gugatan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Mahkamah Konstitusi.

Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward, SE menyatakan ucapan selamat hari raya Idulfitri kepada seluruh Masyarakat Sintang dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan pemerintah Kabupaten Sintang.

Disela- sela acara Open House halal bihalal di pendopo rumah jabatan Bupati Sintang  Jeffray mengatakan Ia secara khusus hadir dalam kegiatan ini sebagai mitra pemerintah Kabupaten Sintang.
“ Secara khusus saya hadir dalam acara ini, karena pada hari raya Idulfitri beliau tidak berada di Sintang maka kesempatan ini digunakan untuk silaturahmi,” Katanya.

Ia juga menyatakan pihaknya bersama forkopimda sengaja hadir dalam acara ini karena ini sebuah momentum yang baik untuk berkumpul.

Momentum Idul Fitri ini kata Jeffray harus memberikan rasa ikhlas kita saling memaafkan dan meningkatkan amal ibadah sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sintang. (Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News