Tinjau Kebakaran Ruko, Sekda Sintang : Bangunan Harus Sesuai Standar Keselamatan

www.detiksaga.com – Sintang:  Sekretaris daerah kabupaten Sintang Yosepha Hasnah beserta  sejumlah kepala OPD dan staf meninjau lokasi kebarakan di kawasan pasar inpres jalan pattimura Sintang, Selasa (11/06/2019).

Disela sela peninjauan lokasi kebakaran Yosepha menyatakan pihaknya ingin memastikan kondisi terkini sejumlah ruko ( Rumah Toko)  dan rumah warga yang sempat terbakar.

“ Kita ingin melihat kondisi bangunan yang terbakar dan antisipasi kebakaran  yang terjadi pada peristiwa berikutnya, utamanya kesigapan petugas kebakaran kita, serta spesifikasi bangunan sesuai standar keselamatan,” ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Sintang juga akan melakukan rapat untuk melakukan evaluasi pembangunan yang terlalu menjorok ke pinggir sungai.

“ Kami juga berharap pemasangan instalasi listrik harus dapat sesuai standar sehingga terhindar dari konsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran,” tambanya.

Yosepha juga menghimbau masyarakat agar berhati hati dalam membangun gedung untuk menyesuaikan dengan kondisi lokasi dan tidak membuat bangunan terlalu panjang.

“ Kondisi panjangnya bangunan akan menyulitkan petugas dalam melakukan pemadaman saat terjadi kebakaran, inikan menurut informasi panjang bangunan saja sudah 40 meter dan tidak ada akses petugas untuk melakukan pemadam kebakaran, “ Ujarnnya.

Empat bangunan rumah toko (Ruko) di kawasan Pasar Inpres Jalan Patimura Kelurahan Tanjung Puri Kabupaten Sintang  terbakar pada minggu (9/6/2019) dini hari.

Ada tiga ruko yang terbakar habis yaitu Rumah Makan Switi, Toko Sepeda Sinar Harapan, Bengkel Motor, dan sebagian Toko Bangunan Niaga di lantai tiga. api pertama terlihat dari lantai tiga Rumah Makan Switi. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News