Disegel Warga, Diskominfo Sintang Akan Kaji Ulang Pembangunan Tower Di Jalan Imam Bonjol

Sintang: Keberadaan Tower  Jaringan Telekomunikasi Provider Selular  di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang  diprotes  warga RT 02/RW 01 Kelurahan Tanjung puri Sintang.

Protes warga tersebut diakibatkan keberadaan tower disinyalir menjadi penyebab  sejumlah peralatan elektronik warga setempat sering mengalami rusak tersambar petir.

Warga juga melakukan penyegelan terhadap rencana pembangunan Tower Jaringan Telekomunikasi Provider Selular  PT  Sentratama Menara Indonesia (SMI) di simpang jalan taruna dan Imam bonjol yang letaknya berdekatan dengan pemukiman warga, penyegelan  dilakukan warga sejak April 2018 lalu.

Warga setempat menyatakan  intensitas petir di kawasan ini semakin padat pada saat musim penghujan sehingga warga sering merasa was-was.

Kepala Bidang pengembangan aplikasi telematika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang Rosandri Chandra, SP, MP saat di hubungi via selulernya mengatakan kominfo telah melakukan investigasi kelokasi pembangunan menara tersebut dan masih akan melakukan tahapan untuk melakukan sosialisasi ulang.

“ Setelah kami melakukan investigasi kami mendapatkan jumlah pihak yang berdampak  pada pembangunan tower tersebut menjadi 15 pihak termasuk yayasan, fasilitasi ulang akan kami laksanakan minggu depan,” tegasnya, rabu (12/06/2019).

Chandra mengatakan setelah fasilitasi bersama PT SMI minggu depan pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi apakah tower tersebut dapat di bangun atau di batalkan, Bupati melalui Diskominfo  kata  candra akan pula memberikan alternative koordinat ditempat lain diluar radius yang dimohon sebelumnya.

Sementara itu tower lain yang di bangun di sekitar  jalan Imam Bonjol Sintang sudah berdiri dan dan tower berbeda.

“ Tower yang berada di simpang PLN tersebut menjadi alasan kuat masyarakat untuk menolak pembangunan tower baru dengan alasan banyak peralatan elektronik rusak setelah berdirinya tower di kawasan tersebut,” Tambah Chanda.

Kendati demikian belum ada penelitian ilmiah mengenai keberadaan tower tersebut menjadi penyebab banyaknya petir yang mengakibatkan rusaknya alat elektronik milik warga.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah meninjau Tower Jaringan Telekomunikasi Provider Selular  di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tanjung Puri,Kecamatan Sintang yang di protes  warga RT 02/RW 01 Kelurahan Tanjung Puri. (Fik).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News