Keempat Kalinya Panitia Hirrah Ramadhan Sintang Laksanakan Festival

www.detiksaga.com,  Sintang: Panitia Hirrah Ramadhan 1440 Hijriah melaksanakan  Festival  Hirrah Ramadhan di halaman Masjid Jami’ Sultan Nata, Kelurahan Kapuas Kiri Hilir, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang,Sabtu (02/01/2019) malam.

Kegiatan ini di buka Bupati Sintang, Jarot Winarno yang di hadiri Sultan Sintang beserta kerabat Keraton Al-Mukarammah Sintang, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, Tokoh Agama, Pemangku Adat, Tokoh Masyarakat.

Jarot mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia Hirrah Ramadhan ini kental akan tradisi melayu.

“Kegiatan yang diselenggarakan ini adalah festival tradisi khas budaya Melayu yang dimana tradisi ini kental dalam mewarnai setiap event hari besar islam.” kata Bupati.

Bupati mengatakan  Hirrah Ramadhan yang  keempat kalinya ini sangat didukung oleh Pemkab, karena ini mengisyaratkan kejayaan Islam di Sintang.

Jarot meminta kepada Panitia untuk kedepannya kegiatan seperti ini mengikutsertakan dari beberapa Pemuda Muslim di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang.

“Ada beberapa perkumpulan Muslim Nanga Tebidah, Pemuda Muslim Sepauk menghadap saya untuk kedepannya mengikutsertakan dalam kegiatan Hirrah Ramadhan, mungkin meriam karbit dan ngeleman tidak bisa diikutsertakan karena barangnya cukup besar, paling tidak meriam bambu dan tabuh beduk dapat diikutsertakan, ini semua demi menjayakan budaya tradisi melayu Islam di Sintang dan Indonesia,” katanya.

Bupati Sintang berharap dengan event-event budaya seperti ini dapat memajukan dan menunjukkan bahwa budaya Melayu untuk bisa maju hingga ke ranah nasional.

“Saya bangga dengan Panitia yang sudah bekerja untuk membuat suatu event ini, karena dengan event inilah kita menunjukkan budaya yang kita miliki, sehingga nantinya akan memajukan budaya kita yaitu budaya melayu dan berharap event seperti ini bisa membawa ke khasanah Nasional,” Kata Jarot

Ketua Panitia Penyelenggara, Ade Muhammad Iswadi mengatakan kegiatan Hirrah Ramadhan 1440 Hijriah tahun 2019 Masehi menyelenggarakan empat festival, diantaranya festival meriam karbit, festival bedel buloh,  festival tabuh beduk, dan festival Ngeleman.

Kegiatan Hirrah Ramadhan ini sudah dilaksanakan empat kali, yang mengangkat beda-beda event disetiap tahunnya.

“ Pada tahun-tahun sebelumnya kita selenggarakan kegiatan membuat kue misbah ala keraton Al-Mukarammah, kemudian ada beberapa kegiatan lainnya, dan tahun ini kita agak berbeda, kita buat empat kegiatan tersebut yang mudah-mudahan akan menjadi tradisi yang banyak diminati oleh para komunitas pecinta tradisi budaya Melayu,”  Jelasnya. (Fik)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News