Anak Panti dan Pondok Diundang ke Kantor Bupati, Buka Puasa Bersama

www.detiksaga.com. SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan buka puasa bersama antar Aparatur Negeri Sipil (ASN) dengan anak-anak panti asuhan dan anak-anak pondok pesantren di Kota Sintang. Buka puasa bersama ini digelar di Lobby Utama Kantor Bupati Sintang, Jumat (24/5/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H. Henri Harahap memimpin jalannya kegiatan buka puasa bersama ini.

Dalam sambutannya Henri  menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh para pimpinan dijajaran Pemerintah Kabupaten Sintang. “Kegiatan ini sering kita lakukan setiap bulan Ramadhan. Bupati sudah melaksanakan di Pendopo, Wakil Bupati juga sudah melaksanakan di Balai Pegodai. Kali ini giliran Sekretaris Daerah menyelenggarakan di Lobby Kantor Bupati Sintang,” jelasnya.

Menurut Henri, kegiatan buka puasa bersama antar ASN di lingkungan Setda Sintang dengan anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi. Melalui buka puasa bersama ini menunjukkkan kepedulian Pemerintah Kabupaten Sintang dengan para anak-anak panti asuhan dan anak-anak pondok pesantren.

“Melalui momen ini kita bersama-sama merajut tali silaturahmi. Jangan sampai anak-anak ini merasa terpinggirkan. Mereka ini adalah aset bangsa, aset Sintang. Mereka inilah yang nantinya akan menggantikan posisi kami-kami selaku pejabat di Sintang ini,” kata Henri.

Henri meminta kepada pihak Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang supaya memprogramkan beasiswa bagi anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren yang berprestasi. “Kepada Plt Kabag Kesra, kalau ada anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren yang pintar, berikan beasiswa untuk kuliah. Dan berikan juga beasiswa minimal satu dari anak-anak yang orang tuanya tidak ada. Karena anak-anak ini dipelihara oleh negara. Kita mohon semua anak-anak ini diperhatikan. Mereka kebanggaan kita,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini Henri juga memberikan motivasi kepada anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren agar terus melanjutkan pendidikan setinggi-tingginya. Iapun bercerita tentang dirinya yang sejak SMA sudah ditinggal oleh ke-dua orangtua. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

“Sejak orangtua meninggal, tekad dan niat saya untuk bersekolah tetap tinggi, sampai saatnya saya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan ketika sudah menjadi PNS, saya masih terus mengenyam pendidikan. Karena itu, saya minta anak-anak harus tetap bersekolah. Pendidikan ini sangat dibutuhkan, jangan sampai kita putus sekolah,” pesannya.

Sementara Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H.M. Yusuf menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini adalah agenda Pemda Sintang yang dipimpin tiga pejabat daerah. Pertama,  buka puasa bersama dipimpin oleh Bupati Sintang di Pendopo. Kedua, buka puasa bersama dipimpin Wakil Bupati Sintang di Balai Pegodai. “Ketiga, buka puasa bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang sedianya dilaksanakan di Rumah Dinas Sekda, tapi berhubung Sekda lagi tugas ke luar, maka kegiatan dilaksanakan di Lobby Kantor Bupati dan diwakili oleh Asisten Dua Setda Sintang,” kata H. M Yusuf.

Seperti pada kegiatan buka puasa pada umumnya, sebelum buka puasa bersama, terlebih dahulu diisi tausyiah. Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Ustad Edi Sunaryo. Dalam tausyiahnya Edi Sunaryo memberikan pemahaman bahwa setiap insan manusia harus memiliki keyakinan untuk hidup lebih baik dan mampu memberikan manfaat. “Didalam kehidupan ini kita harus optimis.  Rasulullah SAW telah memberikan motivasi kepada supaya kita punya harapan  besar, dan tidak menjadi manusia yang pesimis,” terang Edi Sunaryo. (rilis/din)

Komentar

Detiksaga News