Safari Ramadhan Wabup Sintang, Warga Belinyuk Sibau Minta Listrik PLN

www.detiksaga.com , Sintang :Hingga saat ini Desa Belinyuk Sibau Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang belum teraliri listrik PLN, warga masih menggunakan Genset atau atau solar sell untuk penerangan.

Saat melaksanakan Safari ramadhan ke Desa tersebut Wakil Bupati (Wabup) Sintang Askiman juga mengatakan warga berharap listrik PLN bisa masuk ke desa ini.

“ Semoga program PLN tahun 2019 ini  Desa  Belinyuk Sibau  mendapatkan giliran masuk listrik, karena program PLN Kalbar yaitu Sintang Terang 2019 dan Sintang mendapatkan 20 desa untuk segera dialiri listrik,” Katanya, Rabu (15/05/2019) malam.

Desa Belinyuk Sibau ini tidak terlalu jauh dari jalan poros nasional, untuk itu Askiman berharap pemerintah Desa dapat berkomunikasi dengan Pemkab Sintang, sehinggaakan mampu menjawab tantangan dan harapan tentang pembangunan ditengah masyarakat.

Safari Ramadhan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sintang ini salah satunya yakni menyerap informasi pembangunan di daerah.Menurut Askiman safari ramadhan dan berbuka puasa ini sebagai wujud perhatian pemerintah daerah, terhadap semua unsur agama yang ada di Kabupaten Sintang, salah satunya kepada umat Islam.

Kegiatan safari ramadhan ini kata Askiman memiliki 2 tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan momentum memperbaiki diri.

“Kegiatan safari ramadhan bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan kita, rasa toleransi diantar umat beragama, tujuan kedua dari kegiatan safari Ramadhan Pemkab Sintang ini dapat mempersatukan diri dalam menjalankan ibadah puasa, dimana ibadah puasa ini Umat Islam bersama-sama mengkoreksi semua perilaku yang telah diperbuat, sehingga pada akhir dari bulan suci Ramadhan nanti akan Umat Islam meraih hari kemenangan yaitu Idul Fitri, yang dapat mensucikan diri, membersihkan diri,” Katanya.

Makna daripada bulan suci ramadhan itu adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,  perjuangan peningkatan iman dan taqwa kita bukan hanya sekedar menahan haus dan lapar, dibulan suci inilah upaya  mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya bersama rombongan sungguh berbahagia bisa safari Ramadhan kesini, karena yang saya ketahui bahwa di Desa Belinyuk Sibau ini ternyata suku tidaklah membatasi kita untuk meyakini suatu agama yang sudah lama sejak turun temurun ada disini, karena saya mengetahui bahwa hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang tidak lepas satu sama lainnya walaupun kita berbeda agama, tetapi tetap utuh dalam keluarga”, ungkapnya.

Ketua Masjid Hubbul Wathan, Desa Belinyuk Sibau, Kecamatan Dedai, Syaifudin  mengatakan di Desa Belinyuk Sibau ini masyarakatnya saling bersatu tidak saling membedakan antara agama dan suku.

“Toleransi kami disini sangat tinggi, dimana tetangga-tetangga kami saling berbaur, sehingga menjadi sangat indah”, tambahnya.

Syaifudin juga berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang dapat memberikan bantuan pembangunan Masjid Hubbul Wathan dan menginginkan listrik bisa masuk ke Desa Belinyuk Sibau.

“Kami mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sintang dalam halnya pembangunan Masjid Hubbul Wathan, karena saat ini masjid yang kita gunakan belum rampung 100%, masjid yang lama itu tempatnya kecil sehingga tidak muat untuk umat yang melaksanakan sholat dan juga kami mengharapkan masuknya listrik di Desa ini”, harapnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Wakil Bupati Sintang memberikan bantuan berupa uang tunai kepada pengurus masjid, kemudian pemberian sumbangan dari rombongan melalui PLT.Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang kepada pengurus masjid. (Diki-Hms/fik)

Komentar

Detiksaga News