Safari Ramadhan ke Mait Hilir, Jarot Paparkan Hikmah Ramadhan

www.detiksaga.com. SINTANG – Bupati Sintang Jarot Winarno melakukan kunjungan safari Ramadhan ke Masjid Baiturrakmah, SKPC-SP 2 Desa Mait Hilir, Kecamatan Sepauk, Selasa (14/5/2019). Ini merupakan safari Ramadhan perdana Pemerintah Kabupaten Sintang pada Ramadhan tahun ini.

Dalam sambutannya Jarot menyampaikan bahwa safari Ramadhan merupakan program tahunan Pemerintah Kabupaten Sintang setiap bulan Ramadhan. Safari Ramadhan dilakukan di sejumlah masjid dan dikoordinir oleh perangkat daerah. “Masjid Baiturrakmah, Desa Mait Hilir adalah safari Ramadhan perdana ditahun ini,” kata Jarot.

Jarot menginginkan masyarakat khususnya umat Islam mengambil hikmah dengan datangnya bulan Ramadhan. Sejumlah hikmah Jarot paparkan, diantaranya adalah ukhuwah islamiah melalui silaturahim.

Menurut Jarot, safari Ramadhan yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten Sintang semakin memperkuat silaturahim antar pemerintah di kabupaten dengan masyarakat di desa, tak terkecuali antar masyarakat di desa itu sendiri. Bukan tanpa alasan, safari Ramadhan dilakukan dengan cara langsung datang ke surau atau masjid dan berkumpul serta bertatap muka langsung dengan masyarakat. “Silaturahim ini adalah kekuatan kita. Harus terus kita pererat,” pinta Jarot.

Melalui safari Ramadhan pula, sambung Jarot, pemerintah di kabupaten dapat melihat langsung kondisi masyarakat di desa. “Kita bisa melihat kemajuan desa, bisa melihat kekurangannya, dan bisa secepat mungkin melakukan penanganannya,” ucap Jarot.

Hikmah lainnya, kata Jarot, puasa Ramadhan membuat jasmani lebih sehat. “Dengan mengurangi aktivitas yang berlebihan, tentunya sangat baik bagi kesehatan kita,” ujarnya.

Jarot berharap dibulan penuh ampunan ini masyarakat semakin hidup rukun, damai dan aman. Baik sesama umat maupun antar umat beragama.

Jarot mengajak masyarakat memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan amal ibadah. “Yang tidak kalah penting lagi adalah pada bulan Ramadhan seperti ini kita semangkin giat dan semangat melakukan ibadah sholat, membaca Al-Qur’an. Inilah namanya hikmah Rukhiah, yang menjadikan batin kita lebih tenang,” terang Jarot.

Dalam kunjungan safari Ramadhan ini Jarot menyerahkan bantuan kepada panitia Masjid Baiturrakhmah dan warga, baik berupa uang tunai maupun barang-barang. Bantuan ini diharapkan Jarot dapat dipergunakan untuk kelanjutan pembangunan masjid maupun perlengkapan lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ustad Slamet Turmuzi dalam tausiahnya mengajak masyarakat untuk mempererat ukhuah islamiah. Melalui ukhuwah islamiah Slamet Turmuzi yakin kerukunan, ketertiban di lingkungan dapat terus terjaga.

“Usai pesta demokrasi ini kita tidak ingin ada gesekan dan gejolak yang memicu kekacauan di masyarakat. Di bulan Ramadhan ini kerukunan, keharmonisan harus tercipta,” ucapnya.

Lebih lanjut Slamet Turmuzi menyampaikan, seorang muslim yang baik ialah muslim yang mampu mengenal dan mengamalkan sifat-sifat Rasullullah.

“Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang mulia. Orang yang mempunyai akhlak mulia sudah pasti mengutamakan kebaikan dan kebahagian orang lain, dan tidak mau menyakiti orang lain apa lagi sampai menciptakan keributan dan kerusuhan, karena itu tidak sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam,” jelasnya. (din)

 

Komentar

Detiksaga News