Piala Menpora U -14, Sintang Tundukkan Sekadau 

www.detiksaga.com. SINTANG – Team kesebelasan Kabupaten Sintang berhasil menang tipis  melawan team kesebelasan Kabupaten Sekadau, dalam pertandingan final Turnamen Liga Berjenjang Piala Menpora Usia 14 seri Kalimantan Barat tahun 2019. Pertandingan yang berlangsung Sabtu (4/5) sore, di Stadion Baning Sintang ini disaksikan Asisten Deputi Olah Raga Pendidikan Menteri Pemuda Olahraga Jakarta,  Alman Hudri.

Team kesebelasan Sintang selaku tuan rumah mampu menciptakan satu goal dibabak kedua, sehingga skor berubah menjadi 1 : 0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir.

Bupati Sintang Jarot Winarno yang menyaksikan serta menutup turnamen ini menyampaikan rasa syukurnya. Turnamen Liga Berjenjang Piala Menpora Usia 14 seri Kalimantan Barat tahun 2019 dapat terlaksana, dan Sintang dipercaya sebagai tuan rumah.  “Turnamen ini juga bagian dalam rangka kita memeriahkan Hari Jadi Kota Sintang ke-657. Kita bersyukur ditunjuk sebagai tuan rumah,” ucapnya.

Ada lima team kesebelasan yang turut ambil bagian dalam turnamen ini. Yaitu Sintang, Sekadau, Sanggau, Landak dan Sambas.

Menurut Jarot pertandingan final Sintang melawan Sekadau sama-sama bagus. Kedua team kesebelasan mampu saling berbalas serangan. Hanya memang, kesebelasan Kabupaten Sintang beruntung mampu menciptakan satu goal dibabak kedua.

“Bagi kesebelasan yang menang dan yang kalah, jangan puas sampai di sini saja. Harus optimis karena perjalanan masih sangat jauh untuk bisa tampil dijenjang yang lebih tinggi lagi,” ucapnya.

Turnamen ini, kata Jarot, menempa untuk memberikan jam terbang yang lebih baik, dan mengasah kemampuan  untuk merasakan kompetisi yang lebih besar. “Dari sinilah kita dapat menumbuhkan kemampuan dalam bermain sepak bola sehingga mampu menjadi pemain propesional,” ujarnya.

Kepada kesebelasan yang menang, Jarot berpesan supaya lebih giat lagi latihan dan mengasah skill. Kerjasama team harus diperkuat. Sebab, usai Turnamen seri Kalimantan Barat ini akan dilaksanakan Liga Piala Menpora Tingkat Nasional Usia 14 di Solo, Jawa Tenggah. Pertandingan dijadwalkan Bulan September Tahun 2019 mendatang.

Jarot sedikit menyayangkan karena pada Liga Menpora kali ini masih banyak perwakilan kabupaten lain yang tidak ikut serta. Jarot berharap kedepannya semua kabupaten di Kalimantan Barat dapat turut serta ambil bagian, sehingga bakat anak-anak Usia 14 dapat terlihat.

Sementara Alman Hudri Selaku Asisten Deputi Olah Raga Pendidikan Menpora Jakarta mengaku senang bisa hadir di Kabupaten Sintang dan menyaksikan langsung pertandingan final.

Alman mengatakan, kompetisi sepak bola yang digelar Kementrian Pemuda dan Olah Raga adalah sebagai ajang asah kemampuan bagi sekolah sepak bola dari semua provinsi. Ajang ini bertujuan memberikan sarana kompetisi pertandingan bagi usia muda dan menyeleksi anak –anak usia 14 tahun. Mereka yang terbaik akan dididik di bawah naungan Kemenpora sekaligus dipersiapkan untuk pembentukan tim nasional U – 16.

“Nantinya, dari hasil turnamen ini akan diambil satu team yang menang untuk mengikuti piala Menpora tingakt nasional,” pungkasnya. (din)

Komentar

Detiksaga News