Distanbun dan Disperindag Laksanakan Pelatihan Packaging Beras Tawang Sari

www.detiksaga.com , Sintang : Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petani pasca panen padi di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM ( Disperindagkop –UKM) Kabupaten Sintang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Packaging Beras Cap Bukit Pancuran.

Mewakili Kepala Distanbun Kabupaten Sintang Syafarman mengatakan pelaksanaan bimbingan teknis  Packaging ini sangat penting dalam upaya meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para petani   dalam hal pengolahan hasil pasca panen.

“Dengan adanya keterampilan dalam mengemas produk beras  yang sesuai  standar tentunya dapat membantu mengurangi kerusakan, melindungi serta  mempertahankan mutu dari bahan pangan yang ada didalamnya,” Katanya Jumat (03/05/2019).

Menurut Plt. Kasi Metode dan Informasi Penyuluhan Pertanian ini, Pengemasan merupakan suatu upaya pengamanan terhadap produk beras khususnya yang ada di Desa Tawang Sari ini.

“Dinas Pertanian akan terus berupaya secara maksimal  dalam memberikan kegiatan pendampingan dan pengawalan  terhadap  para   petani untuk mempertahankan serta  meningkatkan hasil-hasil  produksi pertanian tanaman pangan,” Katanya.

Ia juga berharap setelah dilakukan kegiatan teknik pengemasan sesuai dengan  standar yang musti diperhatikan kedepan adalah  menjaga mutu, kuantitas dan kontinyuitas. Tiga hal ini, lanjutnya,  kita musti konsisten dalam menjaga produk beras yang berasal dari Desa Tawang Sari supaya tetap dikenal dan konsumen mudah untuk mendapatkannya.

Ada 6 kelompok tani yang mengikuti kegiatan tersebut, setiap kelompok terdiri dari 5 orang, Direncanakan Pertengahan Juni realisasi dari hasil pelatihan ini akan di praktekan langsung oleh para kelompok Tani di Desa Tawang Sari Kecamatan sepauk.

“ Harapanya bukan hanya packagingnya yang baik tapi nantinya kwalitas berasnya juga diharapkan dapat bersaing di pasaran,” Katanya.

Mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sintang Nur Fajriansyah mengatakan  kegiatan bimtek packaging ini sebagai wadah untuk tukar menukar informasi dan berbagi pengalaman.

“Bimtek ini upaya kita bersama dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para  petani khususnya petani di Desa Tawang Sari,” ucapnya.

Kepala Desa Tawang Sari Andi mengapreasi atas terselenggara Bimtek Packaging ini, pihaknya merasa terbantu.

“Kegiatan pemberdayaan seperti ini  diharapkan dari para petani kami,” tegasnya. Pemerintah Desa Tawang Sari mendukung sepenuhnya atas upaya-upaya yang telah dilakukan Distanbun bersama Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang. (fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News