Bawaslu Perintahkan KPU Sintang lakukan Pemilu Lanjutan di Lima TPS

www.detiksaga.com , Sintang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sintang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sintang untuk melakukan pemilu lanjutan di lima TPS menyusul tidak adanya surat suara capres dan cawapres di Lima TPS tersebut.

Ke Lima TPS tersebut berada di tersebut yaitu TPS 001 di Desa Nanga Payak, TPS 002 di Desa Tanjung Miru, TPS 003 di Desa Nanga Tanggoi, Kecamatan Kayan Hulu. Kemudian TPS 03 dan TPS 04 Desa Jaya Sakti, Kecamatan Kayan Hilir.

“ Ini merupakan hasil Sidang yang kita laksanakan kemaren setelah komunikasi dan koordinasi yang cukup,Hasil putusan ini tentu memerintahkan KPU segera pemungutan suara lanjutan di 5 TPS tersebut,” Kata Ketua bawaslu Sintang Fransiskus, Jumat (19/04/2019)

Terkait dengan temuan tidak adanya surat suara di lima TPS tersebut, menurutnya Bawaslu melihat sebagai sebuah kelalaian.

Ketua KPU Sintang Hazizah mengaku dalam persidangan yang digelar Bawaslu, KPU Sintang diposisi terlapor terkait tidak adanya 634 surat suara Capres dan Cawapres  yang tidak ada di lima TPS tersebut.

Hazizah memastikan bahwa KPU akan mengikuti apapun yang menjadi keputusan Bawaslu. Hanya saja, dalam proses pengepakan logistik, KPU sudah melakukannya sesuai prosedur yang ada.

KPU,  diberikan waktu paling lambat 7 hari untuk melakukan pemungutan suara lanjutan, khusus Capres dan Cawapres di lima TPS yang dimaksudkan.

Untuk peristiwa ini diakui Hazizah di luar kemampuannya, sehingga tidak ditemukannya surat suara capres dan cawapres di lima TPS itu.

KPU akan mendistribusikan kembali surat suara sebanyak 634 suara, ditambahn penambahan dua persen dengan  total 649 surat suara, khusus Capres dan Cawapres saja.// (Fik)

Komentar

Detiksaga News