138 JCH Sintang lakukan Pemerikasaan Biometrik

www.detiksaga.com , Sintang : 138 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sintang bertolak ke Pontianak guna melakukan pemeriksaan biometrik, mereka diberangkatkan dengan menggunakan 4 Bus yang di fasilitasi oleh pemkab Sintang, Jumat (19/04/2019) Pagi.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Sintang  H. Nurhadi, S. HI mengatakan, sebelumnya perekaman biometrik ini dilaksanakan diembarkasi, baru tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kemudahaan pada JCH perekaman  biometrik dilakukan di daerahnya masing- masing.

“Kalau dulu, begitu Jamaah datang di embarkasi langsung dilakukan pemeriksaan biometrik di asrama haji embarkasi, hal ini sangat memberatkan Jamaah karena mereka perlu istirahat setelah perjalanan jauh dari daerah. Kebijakan ini di rubah oleh pemerintah Arab Saudi dengan melakukan pemeriksaan biometrik di daerah masing- masing,” Katanya saat melepas JCH Sintang menuju Pontianak, Jumat (19/04/2019) pagi.

Pemeriksaan Biometric ini syarat mutlak diterbitkanya visa haji maupun umroh bagi JCH maupun Umroh. pemeriksaan biometrik untuk para JCH ini gratis, kecuali untuk jamaah Umroh.

Biometrik adalah metode untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri fisik, karakter, dan perilakunya secara otomatis. Pengenalan karakter ini dilakukan melalui retina, sidik jari, pola wajah dan sebagainya. Perekaman biometrik dilakukan untuk mempermudah JCH saat mendatangi tanah suci. (Fik)

Komentar

Detiksaga News