Satpol PP Sintang Diharapkan Semakin Tangguh Dalam Melayani Masyarakat

www.detiksaga.com , Sintang: Memperingati hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69, Satuan Perlindungan Masyarakat  (Satlinmas)  ke-57, Pemadam Kebakaran (Damkar)  ke-100 danOtonomi Daerah Ke-23 dilaksanakan apel besar di Lapangan Satria depan Kodim 1205 Sintang, Jumat (12/04/2019).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Martin Nandung mengatakan momentum ini yang sangat luar biasa, terutama pemadan kebakaran yang saat ini berusia 100 tahun.

“Dengan usia yang tidak singkat ini pemadam kebakaran lebih mampu, lebih tangguh dan lebih kuat dalam melaksanakan tugas dan melayani masyarakat terutama saat kejadian kebakaran,” Katanya.

Untuk Satpol PP di Kabupaten Sintang ia berharap semakin tangguh dan semakin mampu untuk bekerja melayani masyarakat khususnya dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat dan sebagai alat dari pemerintah daerah dalam penegakan peraturan daerah (Perda-red) dan peraturan kepala daerah (Perkada-red).

Sementara itu, bagi petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), menurutnya selain tugas menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat juga ada tugas tambahan, seperti pengamanan TPS saat pelaksanaan Pemilu 2019.

Kasatpol PP berharap tiga institusi ini yang tergabung di dalam Satpol-PP mampu hadir di tengah-tengah masyaraka serta Mampu menjadi mitra kerja masyarakat dan instansi lainnya dalam menjaga ketentraman dan masyarakat

Bupati Sintang Jarot Winarno berharap Satuan Polisi pamong Praja (Satpol-PP) Linmas, dan Damkar menjadi pengayom masyarakat mereka (masyarakat)  itu merupakan subjek pembangunan bukan merupakan objek pembangunan.

Seusai menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT Satpol PP, Damkar dan Linmas di lapangan Satria Sintang, Jumat (12/04/2019) pagi.

“Dalam penertiban mereka harus mengedepankan pelayanan dan mengayomi masyarakat dengan baik,”  Katanya.

Menurut Jarot, Satpol PP, Pemadam Kebakaran dan Satlinmas harus memiliki ketangguhan SDM, dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki syarat utama adalah ketangguhan sumber daya manusia (SDM).

“Pada akhirnya pemerintah harus mengambil langkah memenuhi sarana dan prasarana mereka,” Tambah Jarot.

Selain itu juga, Jarot memberikan pesan kepada ketiga satuan tersebut untuk dapat netral dalam pelaksanaan Pemilu yang akan digelar beberapa hari lagi.

“Saya harap ketiga satuan ini dapat menjunjung tinggi netralitas dalam menjelang pemilu dan saat pemilu,”  Pesan Jarot. (Yos/Fik)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News