Evaluasi Simulasi Pungut Hitung, KPU Sintang: Perlu Efektivitas Waktu Saat Pencoblosan

www.detiksaga.com,  Sintang: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Hazizah mengatakan hasil evaluasi dari simulasi pungut hitung yang dilakukan KPU Sintang dari 150 pemilih diselesaikan  sekitar pukul 21.00 WIB.

Menurut Hazizah proses simulasi yang telah berlangsung dari pagi hingga siang itu berjalan lancar, namun ada beberapa kendala seperti lambanya pengisian dan penandatangan kertas surat suara.

“Diperlukan waktu yang lebih panjang saat pengisian kertas surat suara sehingga jangan sampai pemilih menunggu terlalu lama di TPS,” Kata Hazizah.

Limit waktu pencoblosan menurut Hazizah cukup, sebab durasi yang tercepat saat pencoblosan sekitar 2 menit dan waktu tercepat 6 menit.

Melihat evaluasi dari simulasi ini Hazizah berharap masyarakat lebih proaktif sebab bila tidak di mungkinkan akan terjadi pelambatan saat pencoblosan di TPS. namun dari kesalahan yang menyebabkan suara tidak syah sangat kecil.

Sementara Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, saat turut  berpartisipasi dalam kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS mengatakan perlu ada pemahaman dalam keseragaman penggunaan A5  dalam proses simulasi terlihat masih perlu dilancarkan lagi.

“Kita perlu memperhatikan juga bahwa masyarakat kita banyak yang tinggal di kampung,  pendidikan mereka masih rendah perlu diperhatikan secara khusus. Kadang kita yang di kota saja masih bisa keliru dalam proses pencoblosan karena surat suara yang cukup banyak jumlahnya,”  Katanya.

Jarot mengingatkan kepada seluruh petugas yang terlibat dalam penyelenggara Pemilu mendatang perlu memperhatikan durasi waktu rata-rata mencoblos dengan 5 kertas surat suara itu sekitar 4 menit per orang.

“Kita perlu mengantisipasi apabila masyarakat datang beramai-ramai agar dapat terlayani dengan baik,” Katanya. (Fik)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News