KPU Sintang Lakukan Simulasi Pungut Hitung di TPS

www.detiksaga.com,  Sintang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang melaksanakan Simulasi pencoblosan Pemilu Serentak 2019 di halaman Indoor Apang Semangai Sintang, (09/04/2019).

Simulasi dengan kawalan petugas kepolisian ini dibuat semirip mungkin dengan proses pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

Komisioner KPU kabupaten Sintang Sutami mengatakan kegiatan ini melibatkan  Komisioner KPU, PPK, PPS dan KPPS, mereka dilibatkan langsung dalam simulasi ini yang sebelumnya dipilih dari KPPS 1 sampai KKPS 7.

“Simulasi ini untuk memastikan KPU dalam pungut hitung yang akan dilaksanakan 17 april 2019 mendatang, melalui simulasi  ini juga kita dapat melihat kejadian khusus seperti pemilih yang datang dengan hanya membawa e-KTP dan tidak masuk dalam DPT maupun DPTb bagaimana langkah-langkah yang dilakukan penyelenggara, dan pemilih dengan kondisi seperti itu dapat memilih diatas jam 12 siang,” Katanya.

Ia juga mengatakan pemahaman petugas KPPS penting agar Pemilu berlangsung lancar maka acuanya harus pada PKPU.

Sutami juga menyatakan Simulasi ini juga akan mengukur waktu di TPS dimulai saat pencoblosan hingga perhitungan suara seberapa panjang durasi yang di perlukan.

“ Dari simulaisi ini kita menghitung durasi sejak TPS di buka jam 07.00 dimulai dari pengucapan sumpah sampai penandatangan kertas surat suara waktu yang di perlukan lebih dari satu jam, pada saat pencoblosan rata- rata pemilih memerlukan waktu antara 2 hingga 6 menit,” Tambahnya.

Dalam Simulasi ini juga disiapkan 4 bilik suara dan lima kotak suara serta tata cara pemungutan suara yang terpasang di papan pengumuman. Terlihat beberapa anggota kepolisian dari mapolres Sintang turut hadir dalam Simulasi ini. ( Fik)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News