Bupati Sintang Monitoring Pelaksanan UNBK di Sintang

www.detiksaga.com , Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno memonitoring pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Kompuer (UNBK) pada sejumlah Sekolah Menengah Atas yang ada di Sintang, Senin (01/04/2019).

Hari pertama UNBK ini, kata jarot, para siswa terlihat cukup tenang, ini dimungkin  mata pelajaran yang diujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga relatif lebih mudah untuk mereka.

“Kalau mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris sebaiknya kita menjauh  karena pasti wajah mereka cemberut semua,” Ujar jarot berkelakar.

Jarot juga menyatakan  perlu ada inovasi untuk memenuhi ketersediaan laboratorium komputer selain untuk kelancaran proses UNBK, laboratorium ini juga digunakan untuk meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran di sekolah.

“ Nanti kita akan bahas lagi sama-sama supaya ada solusinya,” katanya lagi.

Bupati juga menyatakan dirinya mendapat laporan ada gangguan pelaksanaan UNBK di  kecamatan Sepauk karena PDAM padam.

“Ini harus jadi pelajaranlah buat kita, kita  mohon ada perhatianlah dari sektor-sektor terkait untuk sama-sama mensukseskan UNBK,” Harapnya.

Selain itu ada persoalan lain juga yang muncul pada prosesn UNBK tahun ini. Hari pelaksanaan UNBK yang tidak berurutan dikhawatirkan dapat menggangu konsentrasi anak-anak selama ujian.

“Kasihan anak-anak yang datang dari kecamatan-kecamatan karena dengan ujian yang berjeda akan membuat biaya mereka di Sintang itu menjadi besar biaya makan di tempat tinggal dan biaya transport, hal ini harus menjadi perhatian lah dari dinas terkait sewaktu menyusun jadwal,” Katanya.

Pelaksanaan UNBK di Sintang diikuti oleh 3.372 siswa SMA dari 41 sekolah, beberapa sekolah bergabung karena kekurangan computer. Sejumlah sekolah yang  ditinjau pelaksanaan Ujian di Sintang yaitu, SMA swasta Panca Setya Sintang, Madrasah Aliyah negeri Sintang dan SMA Negeri 2 Sintang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar mengatakan tahun ke 2 pelaksanaan UNBK di Sintang berlangsung lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Sejauh ini hasil monitoring beberapa sekolah menunjukkan bahwa kegiatan hari ini berjalan dengan lancar, ada beberapa sekolah yang melaksanakan dalam dua sesi ada beberapa sekolah yang melaksanakan dalam tiga sesi,” Tandasnya. (Fik)

Komentar

Detiksaga News