Jarot Sebut Salah Satu Indikator Sukses Pemilu Tingginya Partisipasi

www.detiksaga.com , Sintang: Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan ukuran indikator suksesnya pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) di Sintang  diantaranya bila partisipasi masyarakat Kabupaten Sintang dapat mencapai 78 persen,

“Bila mengacu pada Pemilihan Gubernur tahun lalu masih pada angka 77 pesen , maka hanya kurang satu persen, dan kedepannya perlu peningkatan partisipasi masyarakat menjadi 78 persen,” Ujar Jarot Winarno saat membuka kegiatan rapat koordinasi kesiapan pemilu serentak tahun 2019 di Gedung Pancasila Sintang,  Kamis (14/3/2019) pagi.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi itu membutuhkan proses yang panjang,  karena ada beberapa kendala dan rintangan teknisnya, seperti contoh permasalahan perekaman e-KTP, peraturan pindah memilih, dan rumitnya pemilu tahun ini sehingga   masyarakat harus memilih caleg dan capres secara bersamaan.

Jarot juga mengilutrasikan, dari 300 pemilih, satu orang pemilih memiliki waktu 5 menit mencoblos, maka maka diperlukan waktu 1.500 menit, ini jadi  waktu yang lama untuk masyarakat harus menunggu cukup  di TPS.

“Jadi ini harus diberikan solusi seperti menambah bilik suara, akan tetapi haruslah sesuai dengan peraturan yang ada”, jelasnya.

Acara rapat koordinasi kesiapan pemilu serentak tahun 2019 dilanjutkan dengan diskusi Publik tentang politik yang menghadirkan narasumber, Kapolres Sintang, Ketua KPU Kabupaten Sintang, Kodim 1205 yang diwakili oleh kepala staf kodim  (Kasdim) dan Kepala kejaksaan negeri Sintang.

Hadir dalam kegiatan tersebut para camat, Para Danramil, Para Kapolsek, sejumlah Partai Politik , Ormas dan organisasi kemahasiswaan. (fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News