Satpol PP Sintang Tertibkan Para PKL Di Taman Alun-Alun

www.detiksaga.com , Sintang: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sintang menertibkan sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Taman alun-alun depan kantor Bupati Sintang.

Kepala Seksi Pengawalan dan Pengaman Ketertiban Umum Satpol PP Kabupaten Sintang Budiyono mengatakan pihaknya menjalankan perintah Bupati melalui sekda Sintang untuk menertibkan PKL di taman alun-alun dan Bantaran sungai kapuas depan kantor Bupati Sintang.

“Hari ini kami melakukan eksekusi, Ada delapan lapak PKL yang kami tertibkan, sebelumnya kami juga  telah ada komunikasi dengan para PKL ini, kami melakukan penertiban secara manusiawi, barang-barangnya kami bantu untuk mengangkutnya,” Kata Budiyono.

Ada satu hambatan di ujung taman ada yang menempati lapak yang di huni oleh pasangan suami istri, pihak Satpol PP masih memberikan ruang  berkomunikasi dan masih memberikan toleransi selama seminggu untuk mengosongkan lapak tersebut.

“ Kami minta mereka dalam satu minggu ini segera mencari tempat tinggal, kami juga akan bantu mereka untuk mengangkut kayu-kayu bila masih ingin di gunakan untuk membangun tempat tinggal baru di tempat lain,“ Tambahnya.

Menanggapi penertiban ini ketua RT setempat Yatno menyambut baik sebab keberadaan PKL di kawasan ini membuat kondisi taman menjadi kumuh, namun Ia juga meminta pemerintah untuk menertibkan rumah terapung (Lanting) yang berada di kawasan tersebut.

“ Mereka juga tidak berizin bahkan beberapa diantaranya bukan penduduk Sintang, harusnya keberadaan mereka juga dilaporkan kepada RT,” Tambahnya.

Dalam penertiban ini Satpol PP mengerahkan sekitar 40 personil yang di bantu oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang. // (Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News