Disdikbud Kabupaten Sintang Dorong Pentingnya Pendidikan Moral di Sekolah

www.detiksaga.com , Sintang: Saat ini karakter Siswa sekolah dinilai sangat memprihatinkan, menyusul maraknya aksi tidak terhormat yang dilakukan siswa terhadap guru seperti yang dilakukan seorang siswa yang viral di media sosial belum lama ini.

Menanggapi hal ini kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang Ernawati mensinyalir karakter dan moral Siswa saat ini cendrung kearah yang kurang baik.

Menurutnya diera globalisasi  seperti saat ini hal yang sangat berperan besar mempengaruhi karakter Siswa salah satunya adalah sosial media oleh karena itu pihak sekolah harus ekstra dalam membina dan membentuk karakter dari Siswa.

Ernawati mengatakan, ada fenomena yang mengatakan untuk pembentukan karakter Siswa yang lebih baik, pihak sekolah atau dari dinas pendidikan harus mengaktifkan kembali salah satu mata pelajaran yang telah ditiadakan yaitu mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP).

“Untuk membentuk karakter Siswa yang lebih baik tidak harus melalui mata pelajaran pendidikan moral pancasila saja karena pendidikan moral dan pendidikan karakter yang baik selalu ditanamkan oleh pihak sekolah, “ Katanya Selasa (12/02/2019) pagi.

Pihak dinas pendidikan terutama di kabupaten Sintang  telah berupaya untuk menerapkan penguatan pendidikan karakter dengan berbagai daya upaya salah satunya dengan mendatangi sekolah-sekolah.

“Kami mendorong  guru-guru dan kepala sekolah untuk lebih mementingkan pembinaan karakter dan moral Siswa, “ Tambahnya.

Ia juga berharap untuk kedepannya karakter serta moral Siswa dapat menjadi lebih baik serta memiliki sikap integritas yang tinggi. (Yos/fik)

Komentar

Detiksaga News