Bawaslu Ingatkan Kepala Daerah Tidak Kampanye Saat Jam Kerja

www.detiksaga.com , Sintang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sintang mengingatkan pejabat publik untuk untuk tidak berkampanye pada saat jam dinas, termasuk kepala daerah yang berkampanye di sela sela kunjungan kerjanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sintang Fransiskus Ancis mengatakan larangan ini dilakukan mengingat kepala daerah atau pejabat publik masih menggunakan fasilitas negara saat berkampanye.

“ Kepala daerah itu kan suka tidak suka merupakan bagian dari orang partai maka pasti akan melakukan kegiatan politik untuk partainya, tetapi selama kapasitasnya menjalankan tugas sebagai kepala daerah maka tidak dibenarkan karena secara tidak langsung Ia menggunakan kekuasaan dan fasilitas negara saat berkampanye,” Katanya, selasa (12/02/2019)

Menurut Fransiskus, kondisi ini harus dipahami oleh kepala daerah, bila tidak menggunakan fasilitas negara di mungkinkan oleh undang- undang.

“ Ini tidak ada larangan tapi, dijadwal jadwal tertentu harus mengajukan cuti, tapi dihari kerja walaupun Ia pengurus partai harus menjalankan tugas sebagai kepala daerah,” Katanya.

Menanggapi banyaknya foto-foto di Alat Peraga Kampanya (APK) yang memasang gambar Kepala daerah, Fransiskus mengatakan sepanjang menggunakan pakaian bersimbol partai di perbolehkan.

“Ketika berfoto menggunakan symbol- symbol kepala daerah jelas itu melanggar,”  Tandas Fransiskus. (Fik)

Komentar

Detiksaga News