Banyak APK di Sintang Disinyalir Yang Tak Berizin

www.detiksaga.com,  Sintang: Ketua Devisi Sosialisasi Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Sintang Karsinah menyatakan masyarakat dapat menurunkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang di wilayah private bila tidak meminta izin pada pemilik tanah atau bangunan.

“ Masyarakat boleh juga melaporkan pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nantinya Bawaslu yang akan menegur tim sukses atau caleg tersebut, bila tidak memiliki izin tertulis dari pemilik tempat” Ujar Karsinah, saat di temui di kantor KPU Sintang, Rabu (05/02/2019).

Setiap pemasangan APK diharuskan izin kepada pemilik tanah secara tertulis dan harusnya juga ditembuskan ke KPU dan Bawaslu,” Tambahnya

Pamasangan APK ini kata Karsinah sudah diatur PKPU 23 tahun 2018, dan PKPU Nomor 33 tahun 2018, Dalam PKPU ini mengatur tentang desain materi APK salah satunya tidak diperbolehkan memasang logo KPU dan ukuranya tidak diperbolehkan melebihi ketentuan yang diatur KPU.

KPU juga mengatur tata letak APK yang tidak diperbolehkan di pasang di tempat tempat seperti jalur hijau, tempat umum seperti sekolahan dan bangunan pemerintah.

“ Bila terjadi pelanggaran pemasangan APK, Bawaslu dapat melakukan tindakan eksekusi bekerjasama dengan satpol PP,” Tandas Karsinah. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News