Sutarmidji Buka FSBM XII di Sekadau

www.detiksaga.com  Sekadau :Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji membuka secara resmi Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) tingkat provinsi Kalimantan barat di bumi lawang kuwari kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, Senin(05/11/2018) malam.

Ribuan peserta dan masyarakat dari 14 kabupaten/kota se Kalimantan Barat menghadiri acara pembukaan dengan antusias.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji memberikan apresiasi tinggi atas penyelenggaraan FSBM di Sekadau ini.
, kendati acaranya masih akan berlangsung hingga beberapa hari kedepan namun Sutarmidji mengatakan Sekadau Sukses sebagai tuan rumah FSBM ini.

“Saya berharap kepada MABM harus menjaga budaya kita jangan diambil oleh bangsa lain. Untuk itu warisan budaya bukan benda harus di daftarkan ke kementrian kebudayaan, ‘” harap Sutadmidji.

Sutarmidji juga mengatakan beberapa kekayaan budaga berupa makanan dan tradisi saprahan telah didaftarkan sebagai kekayaan budaya kalimantan barat sehingga bangsa lain tidak dapat mengklaimnya.

Ia juga menyinggung masalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar yang masih berada diurutan 29 dari 34 provinsi sehingga daya saing masih rendah, sementara indeks kebahagiaan masyarakat Kalbar urutan 33 sehingga Ia menyatakan perlu kerja keras untuk membangun Kalbar.

Sutarmidji berharap kegiatan FSBM berlangsung aman. Pesan penting kepada para dewan juri agar profesional dan objektif.

Pada karnaval  Budaya hari pertama Kabupaten Sintang mendapatkan predikat juara pertama yang menampilkan mobil hias yang mengagumkan dengan tema rumah melayu tapak sirih.

Pembukaan FSBM ini juga dihadiri sejumlah Bupati walikota se-Kalimantan barat dan para pejabat Forum komunikasi pimpinan daerah di Kalbar, Gubernur juga meninjau sejumlah stand pameran dari 14 kabupaten kota se Kalbar. (fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News