Alasan Keadilan, Bupati Sintang Sambut Baik Rencana Dana Kelurahan

www.detiksaga.com Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan rencana Presiden  akan memberikan Dana Kelurahan di seluruh Kelurahan di Indonesia merupakan hal positif yang perlu di dukung.

“ Kalau dikasi dana kelurahan kita bersyukur dan menyambut baik, karena akan menambah energi kita untuk pembangunan, “ Kata jarot, rabu (31/10/2018).

Jarot mengatakan kalaupun pemerintah Kabupaten Sintang perlu menyiapkan dana pendamping pemerintah Kabupaten Sintang siap, sebab selama ini pun  16 kelurahan diberikan anggaran.

“ Inikan namanya keadilan, di kota Sintang ada desa Baning kota yang tidak mau berubah menjadi kelurahan karena kan lebih besar anggaran pembangunannya bila dibandingkan dengan kelurahan di sekelilingnya, padahal kan objek yang dibangun sama masyarakat akar rumput,” Katanya.

Kendati nantinya kelurahan akan mendapatkan Dana Kelurahan, Jarot yakin Desa –desa yang berada di wilayah kota tidak serta merta berubah jadi kelurahan, karena Desa memiliki keunggulan lain seperti undang-undang  otonom yang dapat mengatur wilayahnya sendiri.

Jarot juga mengatakan dana Kelurahan saat ini sama seperti perangkat daerah lainya sehingga hanya mendapatkan anggaran sangat kecil, menurut Jarot dari pembahasan menteri keuangan dengan badan anggaran DPR RI di sepakati 3 triliyun untuk kelurahan se-Indonesia namun mekanise penyaluranya akan diatur kemudian. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News