Pemerintah Canangkan Desa Solam Raya Menjadi Penghasil Ikan Sintang

www.detiksaga.com Sintang: Pemerintah kabupaten  Sintang  mencanangkan Desa Solam Raya  Kecamatan Sungai Tebelian sebagai sentra ikan di Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan melalui program Pemberdayaan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat (P2Emas) Pemkab Sintang menetapkan  Solam jadi pusat ikan di Sintang oleh karna itu, tahun 2019 akan membangun drainese untuk kolam-kolam yang ada sepanjang 1,5 kilometer.

“Saat ini berbagai keluarga dari Jawa yang ada di sini telah menjadi satu keluarga besar sebagai warga Sungai Tebelian,” kata Askiman  pada acara perayaan hari ulang tahun Desa Solam Raya ke-36 tahun, di Kecamatan Sungai Tebelian Sintang, Selasa (16/10/2018) siang.

Askiman juga berharap desa Solam Raya menjadi desa teladan yang mengedepankan keharmonisan, dengan  menghargai kemajemukan budaya dan adat tradisi.

Pemerintah kabupaten Sintang memberikan bantuan kepada 3 sanggar seni berupa Reog Ponorogo, Penyerahan bantuan tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima.

Desa Solam raya adalah desa Transmigran  berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa, diantaranya  dari Jawa Barat, dari Yogyakarta dan dari Jawa Timur para Transmigran ini datang ke Solam Raya sejak tahun 1982.

Kepala desa Solam Raya Sarwoko mengatakan peringatan ini menjadi pengingat warganya untuk selalu guyup dan rukun dalam segala keberagaman yang dimiliki. Ia juga berharap bahwa masyarakat yang dipimpinnya akan berpartisipasi aktif dalam membangun Sintang. (Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News