Hingga Dini Hari Tim Karhutla Baru berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Bonet

www.detiksaga.com-  Sintang: Anggota Pemadam Kebakaran dibantu TNI dan Polri berhasil memadamkan kebakaran lahan di desa Bonet Kecamatan Sungai Tebelian  sabtu (18/08/2018) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Komandan Koramil  (Danramil) 1205-07 Sintang Kapten Edy Firmansyah melalui pesan singkatnya mengatakan Warga bernama Misa beserta 3 orang anggota keluarganya berencana membakar lahan ladangnya, baru 3 titik api yg dibakar dengan cepat api menyala karena disertai angin kencang mengakibatkan api membesar dan percikannya terbang kemana mana.

“Pada saat membakar landangnya Ibu Misa maupun keluarganya tidak menyampaikan kepada perangkat desa maupun ke masyarakat, Babinsa Serda Wiyono mendapatkan laporan dari warga desa telah terjadi kebakaran lahan, dan melaporkan kepada Danramil,” Katanya.

Baca:Info BMKG, 319 Hotspot di Kalbar, Kwalitas Udara Masih Baik

Danramil melakukan koordinasi dengan Kapolsek Tebelian dan Manggala Agni via telephone untuk bergerak ke sasaran dengan mengerahkan 4 personil Koramil,5  orang dari Polsek , 1 regu  Manggala Agni  bersama masyarakat sekitar 40 orang.

“Alat pemadam  melokalisir lokasi agar tidak merambah ke pemukiman dan kebun sawit masyarakat di sekitar, keterbatasan alat dan sumber air sangat berpengaruh pada proses pemadaman,” Tambahnya.

Dandim 1205 Sintang Letkol Inf. Rachmat Basuki membenarkan telah terjadi kebakaran Lahan di Desa Bonet kecamatan Sungai Tebelian.

 

“ TNI dan Polri telah melakukan pengecekan ke lokasi, kebakaran berhasil dipadamkan pada pukul 02.30 WIB dan Tim pemadam baru pulang menjelang subuh, “ Kata Dandim, Minggu (19/08/2018).

Dandim menghimbau warga untuk sementara tidak melakukan pembakaran lahan karena saat ini cuaca panas dan sangat rawan terjadinya kebakaran yang meluas.

Dampak Kebakaran ini, kata Dandim 1205/Sintang sangat merugikan masyarakat luas apalagi telah ada aturan pelarangan pembakaran lahan bila diabaikan maka akan mendapatkan sanksi yang cukup berat. ( Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

Detiksaga News