Deputi BMKG: Radar Cuaca Dapat Meminimalisir Kerugian Pembangunan Akibat Cuaca

www.detiksaga.com – Sintang: Deputi Bidang Meterologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan  BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan, BMKG telah membangun Gedung Radar Cuaca di kawasan Bandara Tebelian Sintang Kalimantan Barat sejak tahun 2017 lalu.

Radar cuaca ini mampu mendeteksi fenomena cuaca yang menggunakan alat radar cuaca yang baru dan pertama kali di gunakan di Kabupaten Sintang.

“Radar cuaca di Sintang yang pada hari ini di resmikan merupakan radar cuaca milik BMKG yang ke-41 .Radar ini adalah radar jenis C-band Dual Polarisasi, yaitu radar yang dapat memancarkan dan menerima gelombang mikro (mikrowave) secara vertical dan horizontal, dan juga merupakan radar dengan teknologi terbaru yang dimiliki BMKG saat ini,” Papar Mulyono Rahadi pada acara peresmian Gedung dan Radar Cuaca di kompleks Bandara Tebelian Sintang, Rabu (15/08/2017).

Baca :Bupati Resmikan Radar Cuaca di Bandara Tebelian Sintang

Radar cuaca ini mampu mendeteksi fenomena cuaca (hujan,butir es, salju, dll) dan fenomena non-cuaca (asap, volcanic ash ,dll) dengan interval waktu setiap 10 menit dengan jangkauan wilayah yang di amati efektif dalam radius maksimal hingga 240 km. Ini sangat baik untuk pemantauan potensi hujan secara real time  diwilayah cakupannya, sehingga sangat berguna dalam proses pembuatan informasi peringatan dini cuaca ekstrem.

“ Dengan mampu memprediksi cuaca lebih detil dan akurat maka akan menghindari kerugian pembangunan akibat Faktor Cuaca Ekstrim,” Jelas Mulyono.

Dengan kemampuan tersebut Pihaknya mengharapkan keberadaan radar cuaca di wilayah provinsi kalimantan barat ini dapat memberikan konstribusi  positif baik bagi masyarakat di provinsi kalimantan barat,  terlebih lagi bagi upaya pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan, dan meningkatkan laju investasi, serta upaya peningkatan keselamatan masyarakat secara keseluruhan. ( Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News