Bupati Resmikan Radar Cuaca di Bandara Tebelian Sintang

www.detiksaga.com – Sintang: Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan Gedung  dan Radar Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG)  di kawasan Bandara Tebelian Sintang Kalimantan Barat, Rabu (15/8/2018).

Menurut Jarot, fungsi radar cuaca ini sangat penting untuk memantau kondisi cuaca, terlebih dapat membantu melihat titik hotspot kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sintang dan Sekitarnya.

Kehadiran BMKG dan radar cuaca di Kabupaten Sintang itu sangat penting bagi keselamatan masyarakat.

Jarot menambahkan bahwa Kabupaten Sintang merupakan Kabupaten yang bertetangga langsung dengan negara Malaysia, tentunya dengan kehadiran radar cuaca dari BMKG ini dapat mendeteksi secara dini adanya bencana atau yang berkaitan dengan cuaca.

“Sintang ini memiliki luas 21.000 Km dengan  radar cuaca ini memberikan tantangan tersendiri, terutama dampak potensi bencana yang dapat timbul, jadi dengan radar cuaca ini dapat memprediksi beberapa bencana yang akan timbul, seperti cuaca iklim yang ekstrim paling tidak kita bisa perkirakan, dan kita perhitungkan dengan sebaik mungkin serta memberikan informasi kepada masyarakat luas,” Kata Jarot.

Kehadiran radar cuaca ini juga membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang bersama jajaran Polres dan Kodim Sintang untuk mendeteksi dini pencegahan kebakaran hutan dan lahan,

“Sintang  memiliki  tutupan hutan seluas 1,2 juta hektar, tentunya dengan adanya radar cuaca ini bisa membantu kami dilapangan untuk membantu langkah-langkah manajemen resiko, untuk menanggulangi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dengan demikian kami dapat data yang akurat secara realtime dari BMKG ini,”  Tandas Jarot. (Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News