Hari Ini Jarot Hadiri “Tropical forest forum”di Oslo Norwegia

www.detiksaga , OSLO: Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan ekspose dalam pertemuan Tropical forest forum di Oslo Norwegia, kamis (28/06/2018)

Jarot Winarno memaparkan bagaimana upaya  Pemerintah Kabupaten Sintang  dalam mengelola Hutan di wilayah Kabupaten Sintang.

Saat ini terjadi perubahan fungsi hutan yang telah menjadi lahan pertanian, peternakan  dan perkebunan.

“ Yang lebih penting dari semua itu kita juga membicarakan tata guna hutan, dan upaya menjaga hutan serta mengurus 41 desa yang masih berada di kawasan hutan agar tidak menebang pohon sembarangan,” Kata Jarot Winarno.

Peran Pemerintah menurut Jarot harus mampu bekerjasama dengan masyarakat adat lokal dalam memanfaatkan fungsi hutan non kayu seperti damar, Rotan, Marau, tanaman obat dan sebagainya.

Baca juga : Midji Norsan Unggul di Sintang Kota

“ Kita ( Pemerintah) harus memberikan solusi ladang berpindah sehingga tidak hanya melarang saja,” Katanya.

Konferensi dibuka dengan sambutan dari pejabat tingkat tinggi Pemerintah Norwegia, konferensi berlanjut dua sesi pleno tingkat tinggi yang akan mencakup presentasi tentang sains terbaru tentang pentingnya hutan bagi sasaran-sasaran iklim dan pembangunan, dan diskusi panel tentang keadaan bermain tentang kemajuan menuju target untuk mengakhiri deforestasi.

Empat putaran dari empat sesi paralel mengikuti di sore hari pada hari pertama dan pagi hari kedua, dengan “alur” diskusi yang terjalin secara longgar diorganisir di sekitar tema konferensi

Diantaranya  peran hutan dalam memenuhi tujuan Kesepakatan Paris, kemajuan untuk memenuhi komitmen rantai pasokan komoditas tanpa deforestasi, mengurangi pembalakan liar, korupsi, dan kejahatan terkait hutan lainnya serta mengakui hak-hak adat dan mengurangi kekerasan terhadap para pembela lingkungan.

Putaran pertama sesi paralel berfokus pada pembentukan keadaan bermain seputar masalah ini, sementara putaran berikutnya fokus pada alat-alat baru dan pendekatan yang menjanjikan untuk mengatasi tantangan dan peluang yang diidentifikasi.

Jarot Winarno menjadi satu-satunya Bupati yang mewakili indonesia dalam Tropical forest forum di Oslo Norwegia yang dilaksanakan selama dua hari .(Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News