banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Sintang

Persiapan Fest Invest Kelam, Pemkab Sintang Teken Kerjasama Dengan BKSDA

Persiapan Fest Invest Kelam, Pemkab Sintang Teken Kerjasama Dengan BKSDA

www.detiksaga.com – SINTANG. Guna mempersiapkan Fest Invest Kelam Juli 2018 mendatang pemerintah Kabupaten Sintang melakukan Nota kesepahaman bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut sebagai bukti bahwa upaya pembangunan di Kabupaten Sintang sangat inklusif, sehingga adanya kejelasan tentang pengelolan Taman Wisata Alam Bukit Kelam.

Sehingga akan jelas wilayah mana yang dapat di kelola dan wilayah mana yang tidak dapat dikelola oleh Pemkab Sintang.

“ Sebelumnya rencana perjanjian kerjasama ini melalui jalan panjang. mulai dari pemkab sintang mendapatkan kartu merah dari BKSDA Wilayah II Sintang, sehingga saya harus ke BKSDA provinsi kalbar waktu itu sehingga apa yang menjadi permasalah waktu itu jadi jelas,” kata jarot, minggu (10/06/2018).

Baca juga :Kumpulkan OPD, Askiman Matangkan Persiapan Festinvest Kelam

Penandatangan ini juga sebagai langkah awal untuk menyempurnakan apa yang semestinya di lakukan bersama-sama, sehingga semua pihak dapat mengambil manfaat dari pengelolaan TWA Gunung/Bukit Kelam maupun Hutan Wisata Baning.

“ Kawasan kelam itu sudah luar biasa baik, bagian TWA yang dikembang oleh teman-teman BKSDA maupun di luar kawasannya yang memang masyarakatnya mulai mengembangkannya sehingga bisa sama-sama berjalan,”jelas jarot.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat Sadtata Nur Adirahmanta sangat bersyukur bahwa perjanjian kerjasama ini bisa dilakukan setelah diskusi yang cukup panjang bersama Pemkab Sintang.

“Alhamdulillah ini sudah sampai pada puncaknya, saya berharap ini bukan akhir dari diskusi kita semoga ini akan menambah hubungan atau koordinasi yang lebih baik lagi khususnya pengembangan wisata di gunung/bukit kelam tersebut yang arah tunjuannya untuk mendukung kesejahteraan masyarkat sekitar,”kata Sadtata.

Baca juga :Perkenalkan Keajaiban Bukit Kelam melalui Kelam Hill Festival 2018

Perjanjian kerjasama ini berlaku selama 5 tahun sejak di tandatangani  dan dapat di perpanjang berdasarkan persetujuan para pihak setelah dilaksanakan evaluasi dan jika terjadi perselisihan dalam perjanjian tersebut akan di selesaikan dengan musyawarah mufakat.

Baca juga :Wabup Sintang Cek Persiapan Fest-Invest

Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat tentang pengembangan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung/Bukit Kelam tersebut dilakukan Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH dan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Barat Sadtata Nur Adirahmanta.

Di hadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, BKSDA Wilayah II Sintang dan unsur terkait lainnya. (Fik)