Disdukcapil Serahkkan Suket Ke KPU Sintang

www.detiksaga.com , Sintang: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang menyerahkan Surat keterangan 1.297 lembar Surat Keterangan (Suket) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang yang dapat digunakan untuk pemilih menggunakan hak pilihnya pada pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan barat  27 juni 2018 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Sintang Supranto Aji mengatakan Surat Keterangan ini nantinya akan diberikan pada masyarakat ( Pemilih) pada saat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sempat di keluarkan KPU karena yang bersangkutan belum memiliki KTP elektronik atau surat keterangan yang menjadi syarat menjadi pemilih.

Baca juga :KPU Sintang Resmikan Rumah Pintar Pemilu Bumi Senentang

“ Kami sebelumnya mengeluarkan 2.923 yang tidak memiliki e KTP dan nama nama ini kemudian di sandingkan dengan data kemendagri, hasilnya di berikan kembali kepada KPU, dan sejumlah nama di berikan kemendagri dan selanjutnya nama- nama ini lah yang kita minta suket dari kependudukan,” Jelas Supranto Aji, Jumat (08/06/2018).

Dari hasil penyadingan kemendagri, kata Supranto Aji ada sekitar 1.500 an yang di temukan kembali 1.272 sisanya domisilinya tidak berada di Sintang.

“ Mereka memiliki NIK dan NKK namun tidak terdata sebagai warga Sintang, sesuai data base kependudukan, ketahuannya karena alamatnya berada di luar dengan nomor NIK diluar Kabupaten Sintaang,” kata Supranto Aji.

Baca juga :Pilgub Kalbar, Banyak Warga Sintang Tidak Tercantum di DPT

KPU tetap melakukan koordinasi dengan dinas kependudukan untuk melakukan perekaman e- KTP sehingga dimungkinkan nantinya akan kembali bertambah diluar DPT yang telah di tetapkan KPU.

“ Namun pada saat pencoblosan hari H nama yang tidak terdata DPT masih harus mengunggu hingga jam 12 siang baru dapat menggunakan hak pilihnya itupun jika kertas surat suara masih tersisa,” ujar Supranto Aji. ( Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News