banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Sintang

DAU Terpotong THR, Jarot: Kami Harus Hitung Ulang

DAU Terpotong THR, Jarot: Kami Harus Hitung Ulang

www.detiksaga.com , Sintang: Ditengah minimnya Dana Alokasi Umum (DAU) 2018 akibat pemotongan, sejumlah Kabupaten mengeluhkan kebijakan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Bupati Sintang Jarot Winarno menyatakan pihaknya masih kembali akan berhitung untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) yang di bebankan pada  DAU Kabupaten Sintang.

“Bu mentri kan sudah bilang, formulanya sudah dihitung pada saat penyusunan DAU 2017 namun kenyataanya DAU nya kan dipotong, jadikan kita harus berhitung lagi,” Kata Jarot Winarno, kamis (07/06/2018)

Baca juga :Bupati Sintang : Tahun Ini Target Maksimalkan 6 Prime Over

Pihaknya juga mengatakan Tim harus berhitung ulang apalagi bila ada perintah membayar THR untuk tenaga honorer daerah maka pembahasanya akan di sesuaikan dengan APBD perubahan.

Sementara Inspektur Kabupaten Sintang Apolonaris Biong mengatakan ini merupakan kebijakan ditengah jalan dari pemerintah pusat.

“ Inikan kebijakan pemerintah pusat maka APBD kabupaten di dorong untuk membayar THR menggunakan DAU, kami dalam pengawasan tetap akan melakukan pemeriksaan sesuai mekanisme ini juga sumbernya kan tetap dari APBN,” Kata Biong.

Biong juga mengakui THR ini juga bukan murni APBD tahun 2018. Seperti diketahui, berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Nomor 903/3386/SJ tertanggal 30 Mei 2018 serta Surat Mendagri kepada Bupati/Wali Kota No. 903/3387/SJ tertanggal 30 Mei 2018, pemberian THR dan gaji ke-13 bagi PNS daerahbersumber dari APBD.

Baca juga :Kerusakan Jalan Jalur Perbatasan Sintang Memprihatinkan

Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2018, diatur bahwa penganggaran gaji pokok dan tunjangan PNS daerah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan serta memperhitungkan rencana kenaikan gaji pokok dan tunjangan dan pemberian gaji ke-13 dan gaji ke-14.(Fik)