PGD Provinsi di Tutup, DAD Sintang Akan Evaluasi Prestasi

www.detiksaga.com, -Pontianak : Sekretaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang Herkolanus Roni memberikan apresiasi atas suksesnya pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PGD) tingkat Provinsi yang berlangsung selama 5 hari ini di pontianak.

Kendati DAD Kabupaten Sintang  belum mampu menjadi juara umum dalam event budaya tersebut, namun secara keseluruhan seluruh kegiatan perlombaan di ikuti oleh kontingen DAD Kabupaten Sintang.

“Untuk target sebenarnya masih sama seperti tahun lalu, tapi untuk target kegiatanya sendiri tercapai walaupun dalam pertandingankan tidak semua jadi juara,”kata Roni.

Roni mengatakan satu cabang yang menjadi unggulan DAD Kabupaten Sintang yakni dalam lomba peragaan busana adat namun juga belum mampu mencapai target.

Baca juga :Pengurus DAD, PD, dan PPD Sekadau Dilantik

“Ada beberapa cabang memang tadinya kita menjadi juara dan ada hanya jadi runner up saja tapi nda apa-apalah ini memerlukan perbaikan untuk kita kedepan bahwa persiapan kita tentu akan lebih baik,”ungkap Roni.

Kabupaten Sintang akan segera melaksanakan Pekan Gawai Dayak tingkat Kabupaten pada 16-19 juli 2018, Roni berharap dari gawai dayak itu nanti akan muncul bibit-bibit juara yang akan di pertandingkan kan.

“Para juara ini yang akan kita persiapkan untuk Gawai Dayak tingkat Provinsi tahun depan,”jelas roni.

Baca juga : Korban Ledakan Ban Akhirnya di Terbangkan Ke Semarang

Untuk itu ujar Roni bahwa para-para juara dalam pekan gawai Dayak tingkat Kabupaten itu nanti akan di lakukan  pembinaan baik melalui sanggar-sanggar maupun organisasi atau komunitas yang di miliki DAD Kabupaten Sintang.

Terkait keinginan Bupati Sintang agar pelaksanaan Pekan Gawai Dayak tingkat Kabupaten dilaksanakan sebelum pelaksanaan tingkat provinsi, Roni menjelaskan hal itu akan menjadi pekerjaan bersama DAD dan pemerintah daerah yang nanti akan di bahas bersama sama.

Baca :Gawai Dayak Desa Sepan Lebang Contoh Harmonisasi Etnis Di Sintang

“Tentu nanti DAD sendiri akan melakukan musyawarah karena kebetulan gawai Dayak di kabupaten nanti kan diikuti 14 DAD kecamatan jadi nanti kita akan rapat bersama dan tentu juga nanti kita akan rapat bersama dengan pemerintah, karena DAD kan tidak bisa lepas dari dukungan pemerintah daerah,”jelas roni.

Pekan Gawai Dayak ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat secara resmi di tutup langsung Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalbar Jakius Sinyor Kami (24/5/18) malam dengan Kabupaten Sanggau berhasil meraih Juara Umum dalam kegiatan yang di helat sejak 20 Mei 2018 lalu tersebut.(Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News