KPU Sintang Resmikan Rumah Pintar Pemilu Bumi Senentang

www.detiksaga.com , Sintang: Bupati Sintang melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bumi Senentang di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, selasa (15/05/2018) pagi.

Sekretaris daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyatakan RPP ini cukup membantu masyarakat  untuk mengetahui  banyak hal tentang pemilu bukan saja skala lokal saja namun juga secara nasional bahkan pemilu internasional.

“ Saya menghimbau masyarakat terutama pemilih pemula  mengunjungi RPP sehingga memahami tujuan pemilu itu sendiri, disini sudah tersedia data dan informasi yang cukup lengkap tentang pemilu,” ujarnya seusai meresmikan RPP Bumi Senentang, selasa (15/05/2018).

Baca juga :Pilgub Kalbar, Banyak Warga Sintang Tidak Tercantum di DPT

Anggota KPU Kalimantan Barat Misrawie mengatakan RPP di kalimantan barat di bangun sejak 2016 dilanjutkan 2017 hingga 2018 sehingga saat ini semua kabupaten kota sudah memiliki RPP.

“ Hari ini juga diresmikan RPP di Sintang dan Kapuas Hulu, Desain RPP ini diserahkan pada KPU yang menyesuaikan dengan kearifan lokal masing- masing namun tidak merubah esensi informasi pemilu sendiri,” ungkap Misrawie

Menurutnya di rumah pintar pemilu ini sudah disiapkan informasi data seputar pemilu sehingga masyarakat dapat lebih memahami preses berjakannya pemilu, termasuk penyelenggaran pemilu ditingkat lokal.

“Informasi didalmnya dalam berbagai bentuk diantaranya dokumen tertulis, foto, alat peraga berbagai aktivitas agar masyarakat mengetahui tentang pemilu. Selian itu juga ada market TPS, sejarah pemilu, tahapan-tahapan pemilu, dokumentasi hasil pemilu, jadi cukup lengkap semua hal terkait informasi, data dan pengetahuan tentang pemilu,” tambahnya.

Baca juga :Setahun Jelang Pilpres, KPU Sintang Sosialisasikan Pemilu Lewat Pagelaran Budaya

Sementara Ketua KPU Sintang Supranto Aji berharap RPP dapat mendorong partisipasi masyarakat nantinya dalam penyelenggaraan pemilu.

Nantinya  akan ada program-program yang melibatkan masyarakat untuk di edukasi ke rumah pintar pemilu baik pelajar mahasiswa maupun masyarakat lainya.

“Harapnya melalui RPP ini pilgub Kalbar dan pemilu tahun 2019 tingkat partisipasi pemilih meningkat sesuai dengan target nasional yakni 77,5 persen,” tandasnya. (Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News