banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Sintang

Ketua PPDI : Pemkab Sintang Jarang Libatkan Kaum Disabilitas

Ketua PPDI : Pemkab Sintang Jarang Libatkan Kaum Disabilitas

www.detiksaga.com , Sintang: Ketua Persatuan Penyadang Disabilitas Indonsia (PPDI) Kabupaten Sintang Kardius menyatakan sebagian besar SKPD di Sintang tidak melibatkan kaum disabilitas dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan.

Padahal, menurut Kardius kaum disabilitas harus terlibat dalam berbagai kegiatan pemerintahan. menurutnya ini melanggar undang- undang nomor 08 tahun 2016 tentang disabilitas, pemerintah harus melibatkan disabilitas dalam berbagai kegiatan stakeholder di daerah.

“ Paling tidak ada lima orang kelompok disabilitas yang terlibat dalam kegiatan steakeholder, namun kenyataanya di Sintang ini kami diabaikan, berarti mereka tidak melaksanakan undang- undang sebab ini kan sesuai amanah undang- undang,” ungkapnya Senin (14/05/2018).

Baca juga Kesultanan Sintang Berikan Gelar Kehormatan Kepada Cak Imin

Undang – undang ini juga di perkuat melalui pratuaran daerah nomor 05 tahun 2016 tentang penyelenggaraan perlindungan disabilitas.

“ Selama ini banyak kawan-kawan yang memerlukan bantuan dari pemerintah, kami ingin ada audensi bersama SKPD dan Bupati, bila memang kaum disabilitas ini dianggap kaum yang tidak diperlukan kami akan gugat pemerintah dan melaporkan pada pemerintah pusat,” Katanya.

Diakui Kardius, ada beberapa SKPD yang masih cukup baik untuk melibatkan kaum disabilitas diantaranya Bapeda Sintang dan KPU Sintang selain itu masih belum ada melibatkan disabilitas sebagai bagian dari kegiatannya termasuk Kesbangpol yang merupakan bagian dari pembinaan organisasi.

PPDI di Sintang beranggotakan sekitar 3 ribu orang dengan berbagai latar belakang, mereka tersebar pada 14 kecamatan di Kabupaten Sintang. ( Fik)