banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Parlementaria, Sintang, Uncategorized

Komisi V DPR RI Tinjau Bandara Tebelian

Komisi V DPR RI Tinjau Bandara Tebelian
Bupati Sintang Jarot Winarno bersama Rombongan Komisi V DPR RI meninjau Bandara Tebelian, Selasa (01/05/2018)

www.detiksaga.com- Sintang : Komisi V DPR RI bersama Dirjen Perhubungan Udara meninjau langsung progres pembangunan Bandara Tebelian Sintang Kalimantan Barat , Selasa (0104/2018). Proyek pembangunan Bandara ini yang dibiayai APBN sejak tahun 2011 dengan total anggaran Rp410,2 milyar.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, satu proses yang penting dari Bandara ini yakni  penyelesaian pembangunan Bandara Tebelian, karena berkaitan dengan arus orang, arus barang, pertahanan, meningkatkan konektivitas.

Jarot menjelaskan,  Runway Bandara Tebelian yang masterplannya 2.400 meter akan diupayakan 2.250 meter sehingga pesawat jenis Boeing seri 500 dapat mendarat di sini.

Terkait rencana dijadikan Embarkasi Haji, menurutnya hal ini juga menjadi suatu kebutuhan. Terutama memudahkan akses jemaah dari lima kabupaten di timur Kalimantan Barat.

“Daripada harus ke Pontianak, lalu ke Batam. Jadi kalau bisa lima kabupaten, yaitu Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu bisa kumpul di sini,” jelasnya.

Jeffray: Bandara Baru Harus Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sekitar

Sementara akses jalan masuk Bandara Tebelian yang sementara ini masih dibiayai APBD, pihaknya juga menyambut baik karena ada keinginan dari Anggota Komisi V DPR RI untuk dibiayai APBN.

“Karena setiap proyek strategis nasional, aksesnya boleh dibiayai oleh APBN. Selama ini kan dari APBD saja. Sebelahnya belum jadi, sebelahnya yang jadi pun sudah ada yang rusak,” pungkasnya.

Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Bintang Hidayat menyampaikan bahwa pembangunan Bandara Tebelian Sintang memang sudah berjalan lama dan menelan dana yang besar.

“Kita sudah kembangkan sejak lama, jadi kita mau rekonstruksi tahun 2011 sampai saat ini delapan tahun berjalan. Ada sekitar 410,2 miliar yang sudah digunakan,” ujar Bintang saat meninjau Bandara Tebelian, Selasa (1/5/2018) .

Hari Ini Bandara Susilo Sintang Dihapus Dari Dunia Penerbangan

Menurutnya pembangunan Bandara Tebelian merupakan komitmen dari pemerintah pusat, khususnya Dirjen Perhubungan Udara untuk melanjutkan pembangunan.

Selanjutnya ia juga menjelaskan bahwa Runway Bandara Tebelian akan diperpanjangan sampai 2019 nanti hingga sepanjang 2000 meter dengan lebar 45 meter.

“Supaya mengakomodasi paling tidak Boeing 3737 Sriwijaya atau Nam Air yang tipe 500 bisa masuk, atau CRJ nya Garuda bisa masuk. Kemudian PCN nya juga akan kita tingkatkan,” katanya.

Setelah masuknya pesawat Boeing di Banda Tebelian, rute penerbangan tidak hanya bisa ke Jakarta saja, namun bisa ke Yogyakarta, Semarang, atau mungkin bisa ke Balikpapan, Batam, jika pangsa pasar mendukung. (Fik)