Hari Ini Bandara Susilo Sintang Dihapus Dari Dunia Penerbangan

www.detiksaga.com , Sintang: Bandara Sosilo Sintang per tanggal 26 april 2018 pukul 07.00 WIB telah di tutup dan pada saat bersamaan dioprasionalkan bandar udara Tebelian.

Kepala Bandara Tebelian Sintang Ketut Gunarsa mengatakan maka dengan demikian bandara Susilo Sintang telah di hapus dari letter luck dunia.

Saat ini bandara Tebelian Sintang telah dioprasionalkan dengan panjang landasan pacu 1.660 meter dengan lebar 30 meter di targetkan tahun ini akan menambah runway menjadi 1.800 meter.

“ Kita targetkan akhir tahun 2018 ini selesai dan tahun 2019 akan kita lakukan kalibrasi lagi sehingga 1.800 tersebut dapat  state di dunia penerbangan,” ungkap Ketut Gunarsa di sela- sela pembukaan pengoprasian bandara Tebelian, Kamis (26/04/2018).

Target maksimal panjang runway bandara ini menjadi 2.400 meter mengingat ini merupakan bandara internasional yang di canangkan pemerintah.

“ Kita upayakan tahun 2019 mengajukan review dan akan dimintakan pendapat semua pihak, mudah- mudahan keinginan masyarakat dapat tertampung di sini,” Tambahnya.

Saat ini pihak bandara telah menyetujui penambahan slot wings air, dengan dua penerbangan  pagi dan sore di bandara baru ini.

Pengoprasian bandara Tebelian ini juga dihadiri Bupati Sintang Jarot Winarno bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir pula mantan Bupati Sintang Milton Crosby yang menjadi pengagas pertama pembangunan Bandara Internasional di Sintang.

 

Petinggi NAM Air Tinjau Langsung Bandara Tebelian

Sejumlah Air line salah satunya maskapai  Nam Air dari Sriwijaya grup memberikan perhatian khusus atas di oprasionalkannya bandara tebelian ini, Operator Director Nam Air Capt. Daniel Aditya secara khusus meninjau kondisi bandara Tebelian.

“ Kita memang sengaja untuk melihat bandara yang baru ini secara spesial, Saya melihat disini sangat save dari pada bandara susilo, karena runway jelas lebih panjang, terminal juga sudah sangat baik sehingga  lebih nyaman untuk penumpang.

Nam Air, Kata Daniel juga melihat market factor dan size di Sintang sangat menjanjikan, penambahan flight ini menjadi pertimbangan pihak maskapai.

“ Tadi kita sempat menanyakan ada kemungkinan besar untuk penambahan flight, Insya allah kalau kalibrasinya siap kita mungkin akan menambah rute Sintang- Jakarta, kita juga melihat kemungkinan pesawat besar juga dapat mendarat di sini ya kita lihat tahun depan sepertinya kita sudah merencanakan itu,” ungkapnya.

Potensi Market di Sintang cukup besar, Daniel menargetkan akan melakukan analisa direct Sintang-Jakarta.

“ Kami juga ucapkan terimakasih kepada pihak otoritas bandara yang telah mengizinkan kami menggunakan bandara ini, fasilitas yang ada juga sudah sangat baik, semoga kita menambah frekwensi penerbangan baik rute maupun type pesawat,” Tambahnya.

Dari sisi Bisnis Sintang memang sangat menjanjikan, sejak oprasional dan hingga kini jumlah site yang terisi rata-rata mencapai 90 persen.

Kehadiran Operator Director Nam Air Capt. Daniel Aditya di bandara Tebelian disambut oleh sejumlah penari dayak dengan pemotongan tebu sesaat setelah turun dari pesawat.(Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News