Jaringan Bermasalah, UNBK Di Senaning Dan Ambalau Terkendala

www.detiksaga.com , Sintang: Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Senaning dan SMA Negri 1 Ambalu Kabupaten Sintang di laporkan terkendala akibat jaringan internet yang bermasalah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang Lindra Azmar saat di konfirmasi menyatakan dua sekolah tersebut memang berada di daerah sulit, seperti Senaning adalah wilayah perbatasan yang sinyal internetnya tidak stabil, sementara Ambalau adalah daerah terisolir.

“ Pada saat try out sebenarnya sudah dilakukan uji coba dan dinyatakan siap namun saat pelaksanaan hari pertama hari ini jaringan bermasalah, tapi dinas pendidikan dan kebudayaan Profinsi sudah berupaya untuk melakukan antisipasi,” ungkapnya, senin (09/04/2018) Siang

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah didampingi Kadisdikbud Sintang, Lindra Azmar meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer  di beberapa sekolah swasta dan negeri di Sintang.

Adapun beberapa sekolah yang dikunjungi yakni SMA Negeri 2 Sintang, SMA Negeri 3 Sintang, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang, SMA Panca Setya Sintang, dan terakhir di SMA Negeri 1 Sintang.

“Dari hasil peninjauan untuk wilayah kota seluruh pelaksanaan ujian berjalan lancar dari beberapa sekolah yang sudah kami kunjungi. Semua tidak ada masalah dengan internet,” kata Lindra Azmar.

Hal Senada juga dikatakan Kepala SMA Negeri 1 Sintang, Edi Sunaryo menurutnya sampai hari ini belum ada kendala berarti pada pelaksanaan ujian nasional SMA Negri 1 Sintang.

“ UNBK dimulai 07.30 dan berakhir pukul 16.00 dengan tiga kali shift untuk satu mata pelajaran, semua peralatan siap dan siswa kita yakinkan juga siap,” Ujar Edi Sunaryo.

Sementara itu, Sekda Sintang  mengakui pihaknya menerima laporan ada Sekolah terkendala masalah jaringan internet di Senaning dan Ambalau.

Selain itu ada beberapa kendala non teknis yang ditemui dari beberapa sekolah yang dikunjungi, yaitu siswa yang tidak mengikuti UNBK. Ada satu orang siswa dari SMA Negeri 2 Sintang tidak bisa mengikuti padahal sudah sebagai peserta ujian nasional.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang mengatakan untuk permasalahan jaringan dan ganguan UNBK lainya masih dapat dilakukan melalui ujian susulan.(Fik)

Komentar

Detiksaga News