banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Parlementaria, Sintang

Begini Hasil Konsultasi Pemkab Sintang Ke Kemendikbud Terkait GGD

Begini Hasil Konsultasi Pemkab Sintang Ke Kemendikbud Terkait GGD

www.detiksaga.com , Sintang : Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Herimaturida mengatakan kementrian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjanji akan menindaklanjuti hasil konsultasi pemerintah daerah Kabupaten Sintang terkait sistim  perekrutan Guru Garis Depan(GGD).

Menurutnya pemkab Sintang yang dipimpin langsung Sekda Sintang bersama Pemprov  Kalbar telah menindaklanjuti tuntutan persatuan guru honorer pendidikan dan Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan terkait keberadaan GGD dengan melakukan konsultasi ke kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“ Kita meminta kementrian meninjau kembali persyaratan GGD sebab dengan persyaratan yang ada sekarang di pastikan  putra-putri di daerah sulit bersaing,” Kata Herimaturida, kamis (21/02/2018).

Selain itu kementrian Pendidikan juga kata Herimaturida berjanji akan membuat regulasi tentang Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program PPG akan di buat Sub-Rayon di kalbar  terutama di UNTAN.

“PPG diharapkan menghasilkan guru-guru profesional yang menghasilkan lulusan yang unggul dan siap menghadapi tuntutan zaman dan PPG dapat dilaksanakan di Sub-Rayon Kalbar,” Ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Yustinus mengatakan pihaknya seharusnya  perekrutan GGD kedepannya dapat mengakomodir putra putri daerah.

“Seperti tahun 2014 lalu, putra putri daerah bisa bersaing dalam perekrutan ASN meskipun tak memiliki sertifikat pendidik. Karena memang untuk mendapatkan sertifikat pendidik tidaklah mudah dan hanya dapat diambil oleh universitas tertentu saja,” tuturnya.

Ia juga mengarapkan koordinasi yang dilakukan ini dapat mengakomodir keluhan-keluhan dari masyarakat yang disampaikan beberapa waktu lalu pada pemerintah dan DPRD Sintang.( Fik)