Puluhan Pengusaha Melawi Antusias Ikuti Forum Bisnis

www.detiksaga.com. MELAWI – Untuk pertama kalinya, para pengusaha di Kabupaten Melawi bisa duduk satu meja bersama pemerintah dalam membahas peluang investasi ke depan. Dengan penuh antusias, puluhan pengusaha mengikuti Forum Bisnis Seminar/Sarasehan Perizinan dan Akses Permodalan Bagi Usaha Mikro, Kecil,  Menengah dan Koperasi dalam Membangun Ekonomi Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat, yang diprakarsai  Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP). Kegiatan dipusatkan di aula Hotel Cantika, Selasa ( 13/2/2018).

Selain mendapatkan informasi tentang peluang investasi, para pengusaha juga mendapatkan informasi tentang proses perizinan di Melawi serta informasi akses permodalan melalui pendanaan perbankan.

Bupati Melawi, Panji saat membuka secara resmi acara tersebut mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
Pada intinya, kegiatan ini untuk mempertemukan antara para  pebisnis  dengan pebisnis , serta pebisnis dengan pemerintah agar dapat bekerja sama membangun Kabupaten Melawi melalui sektor ekonomi.

Beberapa tahun yang lalu, lanjutnya Panji kita sudah melihat bahwa usaha kecil, mikro menengah dan Koperasi , merupakan usaha yang sudah teruji dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Bahkan ketika krisis ekonomi tahun 1998, UMKMK inilah yang bertahan dan mampu melawan gelombang resesi ekonomi yang melanda negara kita  ini,” terangnya.

Pemerintah Melawi sangat menyadari bahwa dalam melakukan percepatan pembangunan masih mengalami keterbatasan pembiayaan, oleh karena itu sangat diharapkan peran serta pihak swasta dalam hal ini adalah pengusaha , baik pengusaha berskala besar, maupun kecil, menengah dan Koperasi . “Peran serta sektor swasta dalam membangun Kabupaten Melawi ini sejak didirikan sangatlah besar kontribusinya dalam PDRB Kabupaten Melawi,” bebernya.

Untuk itu, orang nomor satu dilingkungan Pemkab Melawi ini mengajak para investor untuk berpartisipasi dalam mewujudkan dan meningkatkan pembangunan dengan cara berinvestasi secara optimal di Kabupaten Melawi.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Melawi, Kusmahendri mengungkapkan , kegiatan forum bisnis sebenarnya sudah diagendakan pada tahun lalu, namun baru bisa terlaksana pada tahun ini. Adapun tujuan dari kegiatan forum bisnis adalah sebagai sarana dan wadah untuk pemerintah dan pengusaha serta pengusaha dengan pengusaha dalam rangka menjadikan Kabupaten Melawi sebagai tujuan investasi. “Serta memberikan informasi perizinan yang ada di Kabupaten Melawi serta membuka informasi akses permodalan kepada para pengusaha mikro, kecil, menengah dan Koperasi melalui perbankan,” terang pria ramah ini.

Dengan mengangkat tema ” Peran Investasi Swasta dalam mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Melawi” , kegiatan tersebut diharapkan dapat memacu semangat bagi para pengusaha dalam berinvestasi.

“Sebagai dinas terkait, yang secara khusus mengurus dan menangani penanaman modal dan perizinan, kami siap membantu pengusaha untuk memperoleh izin secara cepat, tepat , akuntabel dan ramah,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber kompeten , seperti DPMPTSP  Kalbar dan perwakilan Bank Indonesia melalui Manajer Pengembanhan UMKM Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Henry Nosih Saturua. ( Dea)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News