banner 200x200
Cat: Berita Terkini, Melawi, Parlementaria

Kluisen Pastikan Pansus PT CM Masih Berjalan, Tim Sidak Kelapangan

Kluisen Pastikan Pansus  PT CM Masih Berjalan, Tim Sidak Kelapangan

www.detiksaga.com, – MELAWI : Menindaklanjuti proses Panitia khusus (Pansus) hak angket DPRD Melawi, terkait perizinan perkebunan sawit. Pimpinan dan anggota DPRD Melawi,  Kalbar, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di lokasi pembangunan pabrik kelapa sawit PT Citra Mahkota (CM) di Desa Nanga Keruap, Kecamatan Ella Hilir,Minggu (4/2/2018).

PT Citra Mahkota ( CM) , merupakan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang masuk dalam bidikan pansus Hak Angket terkait perizinan lokasi pabrik.

Wakil Ketua DPRD Melawi, Kluisen, pihaknya melakukan Sidak tersebut menindaklanjuti proses panitia khusus (Pansus) Hak Angket DPRD Melawi yang sedang berjalan saat ini terkait proses perizinan pembangunan pabrik kelapa sawit PT CM diduga tidak sesuai dengan prosedur aturan yang berlaku.

Sidak tersebut juga di ikuti  Ketua DPRD Melawi Abang Tajudin , didampingi  sejumlah anggota Joni Yusman, Kimroni, Ardeni, Malin serta Heri Iskandar.

Lebih jauh Praktisi PDI Perjuangan ini mengatakan bahwa  pihaknya juga ingin memantau langsung kondisi perkembangan pembangunan pabrik milik PT CM  yang sudah operasi saat ini, serta mengecek lokasi untuk kolam limbah pabrik itu dekat atau tidak dengan lingkungan maupun dengan sungai.

” Kami ingin memastikan laporan  dari warga sekitar sejumlah desa penyangga dilingkungan pabrik soal limbah pabrik , apakah mencemari lingkungan, karena lokasi pabrik memang dekat dengan sungai yang sehari-hari digunakan warga,” ungkapnya kepada wartawan yang juga ikut dalam Sidak tersebut

Selain itu juga,  Sidak untuk memastikan kebenaran lokasi pendirian pabrik berdasarkan dokumen AMDAL. Karena menurut informasi yang diterima pihaknya, bahwa dokumen AMDAL PT CM tahun 2008 menjabarkan pembangunan pabrik saat ini bukan di lokasi kebun Desa Nanga Keruap, melainkan di Desa Oyah, Menukung dan di Desa Natai Compa, Ella Hilir.

“Apakah memang benar pembangunan pabrik ini sudah tidak sesuai dengan dokumen AMDAL awal?, Jika pun pindah, apakah AMDAL sudah adendum atau revisi. Kalau sudah adendum dan revisi AMDAL berdasarkan aturan, saya pikir tidak ada persoalan bagi kita. Yang penting lokasi pabrik sesuai dengan dokumen AMDAL dan memiliki pengolahan limbah yang tidak mencemari lingkungan,” ujar Kluisen disela-sela Sidak itu

Ditegaskan Kluisen, berkaitan dengan proses Hak Angket DPRD Melawi saat ini terhadap proses perizinan pembangunan pabrik, penilaian dari pihaknya tidak hanya sebatas itu, namun juga dampak lingkungan pembangunan pabrik tersebut. Karena sampai sekarang sungai sekitar lokasi pabrik masih digunakan warga.

Sebelumnya, menurut Kabid Tata Laksana Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melawi, Zulkarnain menyebutkan, berdasarkan dokumen AMDAL PT CM tahun 2008, pembangunan pabrik kelapa sawit PT CM bukan diwilayah kebun Desa Nanga Keruap, melainkan di Desa Oyah, Kecamatan Menukung dan Desa Natai Compa, Kecamatan Ella Hilir.

Detiksaga .com mencoba mengkonfirmasj melalui via WhatsApp salah seorang petinggi PT Citra Mahkota ( CM) , Namun sayangnya yang bersangkutan enggan memberikan komentar secara resmi. ( Dea)

Penulis :Dea

Editor : Taufik