Jelang Pergantian Tahun Kapolres Sintang Ingatkan Warga Waspada 3C

www.detiksaga.com- Sintang:  Mengantisipasi aksi kejahatan menjelang  tahun baru. Kapolres Sintang AKBP Sudarmin, SIK,MH menghimbau masyarakat  agar meningkatkan kewaspadaan, mengingat pengalaman tahun- tahun sebelumnya kejahatan menjelang pergantian tahun kerap terjadi.

Kapolres Mengingatkan, beberapa kejahatan yang harus diwaspadai   kejahatan seperti Pencurian dengan Pemberatan( Curat) Pencurian dengan Kekerasan  (Curas) dan Pencurian Kendaraan Bermotor ( Curanmor )

“ Curat, Curas dan Curanmor atau (3C) perlu diwaspadai kondisi ini biasanya disebabkan kebutuhan masyarakat kian meningkat dalam menyambut  pergantian tahun,” ucap Kapolres Sintang, sabtu (30/12/2017).

Selain itu Kapolres mengingatkan masyarakat  yang hendak bepergian meninggalkan rumah harus berhati-hati . Bila hendak bebergian dengan meninggalkan rumah cukup lama Kapolres Meminta Masyarakat melapor pada  ketua RT / RW  atau tetangga terdekat,.

“Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi, apabila terjadi hal-hal darurat  hal ini untuk memudahkan dihubungi, sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan keran air dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya bahaya, selalu memastikan   pintu dan jendela rumah anda terkunci dengan baik,” Tambahnya

Beberapa kelalaian kata Kapolres berpotensi terjadinya kejahatan seperti  meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah , sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman.

“Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan laptop, Hand Phone didalam mobil yang diparkir terkecuali didalam mobil ada yang menunggu, untuk menghindari pembobolan dengan cara memecah kaca mobil, “  Himbaunya .

Saat melewati malam pergantian tahun,Kapolres secara khusus mengingatkan  agar berhati-hati saat menyalakan kembang api, perhatikan keamanannya dan jauh dari lokasi yang mudah terbakar percikan kembang api.

Warga terutama para pemuda dilarang melakukan kebut-kebutan dan melakukan konvoi kendaraan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainya dan tidak mengkonsumsi minuman keras dan melakukan aksi-aksi berbahaya ditempat umum atau dijalan raya.(Har/Fik)

Penulis : Hariyanto

Editor    :  Taufik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News