Tika Bisono : Pola Asuh Kids Jaman Now, Orang Tua Dituntut Mampu Beradaptasi

www.detiksaga.com , Sintang: Talk Show  yang bertemakan Peningkatan Kewaspadaan Sejak Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengantisipasi Perkembangan Media Sosial yang digagas  Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BKBP3A) ini menjadi sangat penting karena menyangkut isu kekiniaan anak-anak.

Psikolog  kondang Tika Bisono mengatakan  diera milenial dan generasi Z seperti sekarang ini kemajuan teknologi  tidak bisa ditolak, Namun orangtua dan lingkungan anak harus mampu beradaptasi agar bisa memberikan pengawasan terhadap anak dalam hal pemamfaatan teknologi.

“Data dari Kominfo sendiri menunjukan bahwa akibat dari fenomena gadget ini ternyata tidak sebanding lurus dengan pengawasan yang ada disekolah dan dirumah bahkan dikantor sekalipun. Itu belum termasuk yang diluar seperti warnet yang kerap didatangi anak-anak,” ujarnya kepada RRI, selasa ( 22/11/2017)

Meski ada peraturan atau undang-undang ITE namun Tika mengatakan bahwa peraturan yang ada belum lah menyatu dengan kisi kehidupan masyarakat. Diwarnet saja kata Tika tidak ada tertempel peraturan atau undang-undang tentang ITE.

“Menurutnya jika itu terjadi maka jelas yang punya daerah dimulai dari tingkat terbawah yakni RT dan RW yang paling bertanggungjawab atas prilaku anak- anak di warnet,”

Sebab Kata Tika pengayom masyarakat ditataran pemerintah untuk lapisan terbawah itu ada di RT/RW sebagai implementor dari turunan regulasi yang ada diatasnya.

Selain itu menurut Tika, orang tua dan guru disekolah yang seharusnya bisa melek teknologi juga dituntut belajar mengupgrade diri dengan perkembangan teknologi.

Khususnya gadget agar bisa mengawasi perkembangan anak-anak mereka yang rata-rata sudah memakai teknologi canggih itu sebagai sarana berkomunikasi.

“Kalau mereka ini tidak belajar ya bagaimana mau melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya. Ini Kids Jaman Now  istilah anak sekarang  yang hadir di depan mereka itu generasi Z, generasi milenial yang apa-apa gadget. Generasi up-date  yang bahkan lebih tau duluan ketimbang orang tua mereka tentang sesuatu atau informasi,” imbuhnya.

Jika orang dewasa atau orang tua tidak merapat ke fenomena gadget ini maka orangtua akan kehilangan kontrol terhadap anaknya, Bila orang tua  tidak paham bagaimana memberikan masukan kepada mereka, untuk itu orang tua juga dituntut untuk terus belajar mengupgrade terus kemampuan mereka mengadaptasi teknologi.(Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News